alexametrics

Apa Itu Industri Kreatif?

loading...
Apa Itu Industri Kreatif?
Apa Itu Industri Kreatif?. (Dok. SINDOnews).
A+ A-
MENURUT Kementerian Perdagangan Indonesia, industri kreatif adalah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Bagaimana Memulai Bisnis di Industri Kreatif?
Peter Firmansyah (PeterSaysDenim) Jangan pernah takut. Ketakutan hanya bayang-bayang dalam pikiran yang belum tentu terjadi. High risk, high return ; merasakan rugi, gagal, dan jatuh. Yang terpenting terus berjuang, yakin, berikan kualitas dan kembangkan jejaring pertemanan yang luas guna meluaskan pangsa bisnis.

Hafiz Haris (Komikezel) Ciptakan sesuatu yang berbeda dari yang telah ada. Jangan lelah mencoba terobosan baru agar konsumen tidak bosan. Tidak boleh lupa untuk selalu perluas jaringan dan komunitas.



Bidang yang termasuk industri kreatif.

Arsitektur Berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, dan pengawasan konstruksi
Seni Rupa
Proses pembuatan karya seni yang bisa dilihat dan diraba.

Mode
Kreasi desain pakaian, alas kaki, dan aksesori lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorinya, konsultasi lini produk, serta distribusi produk mode.

Periklanan
Mencakup pembuatan ide, produksi, dan distribusi iklan.

Kriya (Kerajinan Tangan)
Kegiatan produksi karya seni, produk fungsional, benda hias dan dekoratif, baik dari serat alam ataupun buatan

Kuliner
Kegiatan persiapan, pengolahan, penyajian produk makanan dan minuman yang menciptakan unsur kreativitas dan estetika.

Desain
Terkait kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran, serta produksi kemasan dan jasa pengepakan

Musik
Proses kreatif membuat komposisi musik dan lirik, rekaman, promosi, distribusi, penjualan, dan per tunjukan karya seni musik.

Seni Pertunjukan
Cakupan industri ini adalah pertunjukkan wayang, balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik (tradisional; teater maupun etnik), opera, desain dan pembuatan busana pertunjukkan, tata panggung, dan tata cahaya.

Penerbitan
Terkait penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital, serta kegiatan kantor berita dan pencari berita, termasuk penerbitan prangko, meterai, uang kertas, blangko cek, giro, surat andil, obligasi, saham dan surat berharga lainnya, paspor, tiket pesawat terbang, serta penerbitan foto dan mikro film.

Software dan Gim
Terkait layanan jasa komputer, pengolahan data, pengembangan database , pengembangan peranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur peranti lunak, desain prasarana peranti lunak dan keras, serta desain portal termasuk perawatannya. Sedangkan, gim berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.

Riset dan Pengembangan (R&D)
Usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Film, Animasi, Foto, dan Video
Kegiatan terkait produksi atau pembuatan film, animasi, foto, dan video, termasuk distribusinya.

TELEVISI dan RADIO
Terkait proses kreatif konten program radio dan televisi.

Permainan Interaktif
Berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi.

MASRIAH
GEN SINDO-Universitas Negeri Jakarta
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak