Stasiun Whoosh di Karawang Diterpa Isu Mangkrak, KCIC Buka Suara

Jum'at, 26 Juli 2024 - 11:10 WIB
loading...
Stasiun Whoosh di Karawang...
Setelah diterpa isu adanya potensi mangkrak, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) buka suara soal Stasiun Karawang Whoosh. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC ) menargetkan operasional Stasiun Karawang Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias Whoosh bisa beroperasi pada awal 2025, setelah diterpa isu adanya potensi mangkrak.



General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyebut, di awal tahun depan Stasiun Karawang sudah dapat melayani naik turunnya penumpang Whoosh. Saat ini Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta. Lalu aktivitas dinas para petugas untuk on call emergency, petugas pengamanan dan kebersihan.

“Saat ini Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta. Pendinasan petugas untuk on call emergency juga telah berjalan beserta seluruh perangkat lain seperti diantaranya petugas pengamanan dan kebersihan,” ujar Eva, Jumat (26/7/2024).



Lantas bagaimana kesiapan KCIC sebelum Stasiun Karawang resmi beroperasi? Menurutnya, berbagai persiapan tengah dilakukan saat ini. Seperti menyiapkan akses dari kawasan Trans Heksa Karawang (THK) dan Deltamas untuk menuju stasiun Karawang.

Nantinya, akan ada akses sepanjang 1,5 kilometer (km) dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang, saat ini sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan, untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi.

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga sedang menyiapkan pembangunan exit KM 42 jalan tol Jakarta Cikampek yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang.

“Lainnya akses dari Tol Japek kini juga sudah dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan. Rencananya pembangunan dilakukan tahun ini,” paparnya.

Dengan adanya beragam akses tersebut, lanjut Eva, Stasiun Karawang akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industri, perkotaan, dan pusat perbelanjaan.

KCIC juga terus melakukan komunikasi dengan berbagai provider penyedia layanan transportasi untuk memenuhi kebutuhan konektivitas antar moda dari dan menuju stasiun Karawang.

Stasiun Whoosh di Karawang, Jawa Barat, memang belum beroperasi untuk naik turun penumpang. Padahal kereta cepat sudah cukup lama wara-wiri. Trafik penumpang yang belum maksimal menjadi salah satu pertimbangannya.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)