Jokowi Resmikan Kawasan Industri Terpadu Batang Seluas 4.300 hektare

Jum'at, 26 Juli 2024 - 18:03 WIB
loading...
Jokowi Resmikan Kawasan...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024). Jokowi berharap pembangunan kawasan industri ini akan membuka ratusan ribu lapangan pekerjaan.

"Saya senang saat itu saya putuskan untuk dibangun kawasan industri di Batang ini seluas 400 hektar yang pertama. Kemudian diminati habis, buka lagi 400 lagi yang kedua ini yang disebelah utara jalan tol. Dan sekarang total dalam perencanaan adalah 4.300 hektare," kata Jokowi dalam sambutannyayang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/7/2024).



Diharapkan dengan adanya kawasan industri tersebut, kata Jokowi, dapat menampung pabrik-pabrik dan dapat membuka lapangan kerja bagi ratusan ribu pekerja.

"Akan membuka lapangan kerja kurang lebih sebanyak tadi pak menteri investasi sudah menyampaikan kurang lebih sebanyak 250 ribu pekerja karyawan yang bisa bekerja di kawasan industri terpadu Batang ini. Golnya kesitu. Karena memang kita harus membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya bagi rakyat kita," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan saat ini investasi yang sudah masuk senilai Rp14 triliun dengan 19 ribu pekerja. Dirinya berharap Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan menteri terkait serta para direksi dapat memasarkan kawasan industri Batang.

"Saya tadi sudah melihat KCC Glass, sebentar lagi September sudah akan memulai produksi. Kemudian pipa plastik wavin juga akan segera memulai, sepatu sudah mulai dan seterusnya. Semuanya akan dimulai," kata Jokowi.



"Dan kita harapkan nanti di Agustus juga akan ada pembangunan industri anoda September akan ada pembangunan industri katoda disini sehingga ini akan menjadi sebuah kawasan industri yang betul-betul efisien dilirik oleh para investor dan bisa membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya bagi rakyat kita," tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi) dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)