Negara Apa Saja yang Investasi di IKN? Ini Daftarnya

Senin, 29 Juli 2024 - 16:20 WIB
loading...
Negara Apa Saja yang...
Ada 5 Negara yang berkomitmen serius berinvestasi di IKN. Foto/ Dok. MPI
A A A
JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengatakan hingga akhir tahun 2023 sudah ada lima negara yang berkomitmen untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Diantara beberapa negara ini ada yang dianggap jadi yang paling serius.

Dilansir dari laman resmi IKN, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meraih total realisasi komitmen peminatan investasi mencapai Rp41,4 triliun selama tiga rangkaian peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap 1 hingga tahap 3.

Jumlah investasi ini menandakan kepercayaan investor yang kian kokoh terhadap prospek pembangunan IKN. Disebutkan juga jika OIKN telah menerima 330 Surat Pernyataan Minat (Letter of Intent/LOI).

Adapun 133 diantaranya merupakan investor asing. Berbagai investasi ini dinilai sebagai pijakan kokoh agar pembangunan IKN terus berjalan sesuai rencana.



Negara yang Investasi di IKN

Dari data akhir tahun 2023, terdapat lima negara yang paling banyak yang menyuntikkan dana ke IKN. Mereka adalah Singapura, Jepang, Malaysia, China, dan Korea Selatan.

Singapura jadi negara yang menyumbangkan investor terbanyak, dengan 27 investor. Disusul oleh Negeri Sakura yang telah menyumbangkan 25 investor untuk IKN.



Posisi ketiga diduduki oleh China dan Malaysia yang masing-masing menyumbangkan 19 investor. Sedangkan Korea Selatan baru menyumbangkan 9 investor.

Selain kelima negara Asia tersebut, terdapat pula beberapa negara di Amerika, Eropa, dan Timur Tengah yang berminat untuk menginvestasikan dananya ke IKN.

Bahkan kala itu, pemerintah Indonesia telah mengamankan nota kesepahaman (MoU) dengan empat perusahaan teknologi di Amerika. Melalui lawatan Presiden Joko Widodo, Indonesia membidik investasi di bidang teknologi dan properti bagi IKN.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)