7 Negara Termiskin di Benua Amerika, Berdasarkan GNI per Kapita

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 14:20 WIB
loading...
7 Negara Termiskin di...
Negara termiskin di Benua Amerika berdasarkan GNI per kapita. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Negara termiskin di Benua Amerika dalam daftar ini didasarkan pada Pendapatan Nasional Bruto (GNI) per kapita setiap negara. Karena salah satu cara tercepat mendapatkan gambaran tentang kualitas hidup secara keseluruhan di suatu negara adalah dengan memeriksa pendapatan nasionalnya.

Pendapatan nasional setiap negara ini dapat diukur menggunakan statistik seperti total produk domestik bruto (PDB) , produk nasional bruto (GNP), atau pendapatan nasional bruto (GNI) per negara.

Sedangkan GNI yang dijadikan tolok ukur dalam daftar ini merupakan nilai dolar dari pendapatan akhir suatu negara dalam setahun dibagi dengan jumlah penduduknya menggunakan metodologi Atlas.

7 Negara Termiskin di Benua Amerika;

1. Haiti

Haiti jadi negara termiskin di Benua Amerika di tahun 2024 ini menurut World Population Review. Ini disebabkan karena negara tersebut mengalami pertumbuhan penduduk yang pesat, melebihi kemampuan negara tersebut untuk memenuhi kebutuhan warganya.

Haiti hanya memiliki nilai GNI sebesar USD1.610 atau sekitar Rp26,1 juta. Pertumbuhan negara tersebut saat ini kerap kali terhambat oleh ketidakstabilan politik dan kekerasan. Baca Juga: Menengok Potensi Kawasan Amerika Latin dan Karibia

2. Nikaragua

Selanjutnya ada Nikaragua yang memiliki nilai GNI sebesar USD2.090 atau sekitar Rp33,8 juta. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap tingginya angka kemiskinan di negara ini adalah bencana alam, ketidakstabilan politik, dan kurangnya pilihan pendidikan.

Namun perekonomian terbelakang bisa saja diselamatkan oleh pertumbuhan di bidang-bidang seperti pertambangan, manufaktur, dan pariwisata. Sehingga bisa menciptakan kualitas hidup yang lebih baik bagi warganya. Baca Juga:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)