alexametrics

TikTok dan Kemenpora Berkolaborasi Memaknai Kemerdekaan Indonesia

loading...
TikTok dan Kemenpora Berkolaborasi Memaknai Kemerdekaan Indonesia
TikTok, platform konten video berdurasi singkat menggelar kegiatan bertajuk #PestaRakyatJakarta sebagai kegiatan penutup dari kampanye #EkspresiMerdeka.
A+ A-
JAKARTA - TikTok, platform konten video berdurasi singkat terdepan di dunia, menggelar kegiatan bertajuk #PestaRakyatJakarta sebagai kegiatan penutup dari kampanye #EkspresiMerdeka yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 RI, Sabtu (17/8/2019) di Jakarta.

#EkspresiMerdeka merupakan persembahan TikTok bagi Indonesia dalam bentuk kolaborasi antara kecanggihan teknologi dengan kreativitas anak muda dalam mempromosikan kekayaan Indonesia melalui sebuah video singkat yang sudah diselenggarakan sejak awal Agustus 2019.

Melalui kampanye #EkspresiMerdeka ini, TikTok mengajak pengguna untuk mengekspresikan kemerdekaan dengan cara mereka dengan mengunggah sebuah video di TikTok. Selain itu, untuk menunjukkan rasa cinta terhadap kekayaan Nusantara, TikTok juga menantang para user untuk menarikan tarian tradisional menggunakan tagar #MenariUntukBangsa dan membuat video menarik tentang berbagai hal mengenai Indonesia menggunakan tagar #IndonesiaBanget.



Video kampanye #EkspresiMerdeka ini sudah disaksikan lebih dari 31 juta penonton dan masih akan terus bertambah. Pemenang diberikan hadiah menarik serta diajak mengikuti kegiatan #PestaRakyat di Jakarta, bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.
Kegiatan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga ini merupakan rangkaian terakhir dari kampanye #EkspresiMerdeka bersama dengan 200 pengguna TikTok lainnya dari seluruh Indonesia yaitu melaksanakan upacara bendera dan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti lomba mendesain baju dari koran dan menghias sepeda.

Tidak hanya itu, lomba 17-an yang tidak pernah ketinggalan dalam momen kemerdekaan juga dilakukan bersama dengan peserta upacara lainnya. Antara lain pensil dimasukan dalam botol, makan kerupuk, balap karung, bakiak dan tarik tambang. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai atribut merah putih serta face painting. Setiap pemenang akan diberikan hadiah menarik dari TikTok.

Isa Anshary, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Pemuda dan Olahraga yang turut hadir dalam acara ini mengatakan, “Kami mengapresiasi dan mendukung kampanye #EkspresiMerdeka beserta kegiatan Pesta Rakyat yang diselenggarakan TikTok dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda sejalan dengan misi Kemenpora untuk meningkatkan daya saing kepemudaan dan keolahragaan. Juga kegiatan ini tentunya sangat bernilai positif. Ada aktivitas fisik yang membuat masyarakat bergerak, sehingga juga senada dengan kampanye #AyoBergerak dari Kemenpora yang juga ditujukan kepada seluruh masyarakat”.

Di kesempatan yang sama, TikTok memperkenalkan tiga kreator berbakat yang telah menghadirkan kekayaan Nusantara di TikTok dengan video mereka. Yang pertama adalah Barry Kusuma, kreator yang jatuh cinta pada dunia fotografi memperlihatkan kekayaan wisata Indonesia di TikTok. Yang kedua adalah Irma Desmayanti yang awalnya kesulitan mencari makanan tradisional kesukaannya kemudian membagikan tips memasak, khususnya makanan tradisional di TikTok.Terakhir, Twinny.id yaitu saudara kembar memiliki passion dalam dunia make-up dan membagikan konten mengenai tata rias tradisional di TikTok. Hal ini menjadi bukti bahwa TikTok memberikan ruang bagi para kreatornya untuk mengangkat nilai-nilai budaya dalam momen kemerdekaan Indonesia. (syarif wibowo)
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak