Tips MotionTrade: Intip 3 Aspek Dasar dalam Membaca Grafik Saham

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 15:42 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Intip...
MotionTrade telah merangkum 3 (tiga) aspek dasar yang perlu diperhatikan investor maupun trader pemula dalam membaca grafik saham. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. MNC Sekuritas aktif mendukung penciptaan investor baru di pasar modal dengan menyediakan beragam instrumen investasi pasar modal, seperti saham, reksa dana, obligasi, dan produk turunan lainnya.



Bagi seorang investor atau trader, memiliki kemampuan analisis teknikal dalam membaca grafik saham adalah hal yang penting. Grafik saham menggambarkan data historis dari pergerakan harga suatu saham. Grafik saham bermanfaat ntuk menganalisis peluang yang terjadi di pasar.

Grafik saham memiliki beragam bentuk, misalnya grafik dalam bentuk garis (line chart), batang (bar chart), maupun lilin (candlestick chart). Bagi investor atau trader yang baru memasuki dunia pasar saham, mempelajari cara membaca grafik saham mungkin bukan hal yang mudah.



MotionTrade telah merangkum 3 (tiga) aspek dasar yang perlu diperhatikan investor maupun trader pemula dalam membaca grafik saham, yaitu:

1. Perhatikan Time Frame

Ada beberapa jenis time frame yaitu harian, bulanan hingga tahunan. Setiap rentang waktu menunjukkan pergerakan yang berbeda-beda. Pada aplikasi online trading MotionTrade, Anda dapat melihat pergerakan harga dari suatu emiten dari waktu ke waktu berdasarkan time frame pada menu "Chart".

2. Membaca Tren Saham

Tren pergerakan harga dapat menunjukkan kondisi pasar sehingga investor bisa segera mengambil keputusan terkait saham yang dimilikinya. Ada tiga jenis tren harga saham, yaitu bullish (tren naik), bearish (tren turun), dan sideways (tren menyamping).

Tren bullish merupakan pergerakan harga mencetak rekor yang semakin lama semakin tinggi. Tren bearish merupakan pergerakan harga yang mencetak rekor harga terendah. Tren sideways merupakan kondisi stabil di mana penjual dan pembeli sama banyaknya sehingga menyebabkan market menjadi stagnan.

3. Garis Support & Resistance

Support dan resistance merupakan garis yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menganalisa pergerakan harga saham. Support adalah level harga yang menunjukkan adanya permintaan yang kuat dari para pembeli, sehingga harga saham sulit untuk turun di bawah level tersebut.

Resistance adalah level harga yang menunjukkan adanya penawaran dari para penjual, sehingga harga saham sulit untuk naik di atas level tersebut.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade .

MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)