Gubernur BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Lebih Baik

Kamis, 22 Agustus 2019 - 17:37 WIB
Gubernur BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Lebih Baik
Gubernur BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Lebih Baik
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2019 akan lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya.

"Kalau kita lihat pola pertumbuhan ekonomi kita di kuartal II masih cukup baik karena melihat konsumsi masih cukup oke, yang mana stimulus fiskalnya masih terjaga dengan baik," ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Ke depan BI akan terus akomodatif, sejalan dengan kebijakan fiskal dan reformasi struktural yang ditempuh pemerintah.

"Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4% dan meningkat menuju titik tengah kisaran 5,1-5,5% pada tahun 2020," jelasnya.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi kuartal II/2019 tercatat 5,05% secara tahunan (year-on-year/yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan dengan capaian kuartal sebelumnya sebesar 5,07% (yoy). Hal ini terutama akibat pertumbuhan ekspor yang masih mengalami kontraksi.

Sementara itu, permintaan domestik naik dipengaruhi konsumsi yang lebih tinggi dan investasi yang stabil sehingga tetap mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Secara spasial, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh membaiknya ekonomi Sumatera, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, serta stabilnya pertumbuhan ekonomi Jawa.

Ke depan, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi tetap baik didukung permintaan domestik, khususnya investasi yang akan tumbuh tetap tinggi.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6472 seconds (0.1#10.140)