Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 18:08 WIB
loading...
Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga
Lebih dari 3,5 miliar populasi dunia menganggap beras sebagai makanan utama mereka. Negara kawasan Asia mendominasi produsen beras, termasuk Indonesia. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
BERAS adalah salah satu dari tiga tanaman pangan pokok di dunia selain jagung dan gandum. Lebih dari 3,5 miliar populasi dunia menganggap beras sebagai makanan utama mereka yang berarti setidaknya setengah dari warga dunia rutin mengkonsumsi beras.

Negara kawasan Asia mendominasi produsen beras secara global, termasuk Indonesia. Lalu negara mana saja penghasil beras terbesar di dunia? (Baca juga: 10 Negara Penghasil Teh Terbaik, Apakah Indonesia Masuk?)

1. China
Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga

China adalah negara penghasil beras terbesar di dunia. Produksi beras memainkan peran penting dalam perekonomian nasional negara ini. Negeri tirai bambu menghasilkan hampir 30% dari total produksi beras di dunia. China menghasilkan hampir 214.430.049 ton beras setiap tahun berasal lebih dari 30,35 juta hectare penanaman padi.

China juga merupakan negara terkemuka di dunia dalam produksi beras hibrida. Hasil beras hibrida sekitar 15 hingga 20% lebih tinggi dari beras konvensional. (Baca juga: Bahan Baku Jamu Masih Mengandalkan Impor dari China)

2. India
Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga

India adalah negara penghasil beras terbesar kedua di dunia. Hampir 65% orang India makan nasi dan banyak dari mereka terkait dengan produksi beras.

Ada hampir 50 juta rumah tangga di India yang bergantung pada produksi beras dan itu adalah sumber pendapatan utama mereka. Negeri Mahatma Gandhi ini menghasilkan hampir 168.500.000 ton beras dalam setahun yang berasal dari lebih 43,20 juta hektare untuk penanaman padi. (Baca juga: Transaksi Dagang dengan India Ditargetkan Rp700 Triliun di 2025)

3. Indonesia
Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga

Indonesia adalah negara penghasil beras terbesar ketiga di dunia. Konsumsi beras di Indonesia adalah sekitar 139 kg per kapita dalam setahun. Angka konsumsi ini adalah yang tertinggi di dunia.

Indonesia menghasilkan hampir 81.382.000 ton beras dalam setahun yang dihasilkan dari 12,16 juta hektar lahan untuk penanaman padi. Konsumsi beras giling Indonesia adalah sekitar 3,89 juta metrik ton. (Baca juga: Bidik 15 Juta Ton Beras, Mentan Minta Musim Tanam Kedua Dipercepat)

4. Bangladesh
Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga

Bangladesh terus menggenjot pertumbuhan produksi beras karena tingginya konsumsi beras di tahun-tahun mendatang. Bangladesh menghasilkan hampir 48.980.000 ton beras dalam setahun.

Tetangga India ini menggunakan lebih dari 12 juta ha lahan untuk penanaman padi. Hampir 2/3 penduduk Bangladesh terkait dengan pekerjaan ini dan mata pencaharian mereka sepenuhnya bergantung pada produksi beras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)