Upacara HUT RI di IKN, Harga Sewa Mobil Menteri Tembus Rp50 Juta per Hari

Minggu, 11 Agustus 2024 - 14:46 WIB
loading...
Upacara HUT RI di IKN,...
Sewa mobil Alphard mencapai Rp50 juta per hari menjelang upacara HUT ke-79 RI di IKN. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bisnis rental mendulang cuan lebih menjelang upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Tarif sewa mobil di Balikpapan, Kalimantan Timur melejit hampir 50% dari harga normal.

Salah satu pelaku rental mobil di Balikpapan, Agus Widodo kenaikan tarif tersebut terjadi ketika sejak awal Agustus lalu. Permintaan sewa mobil untuk rute Balikpapan-IKN mengalami peningkatan signifikan.

Agus menyebut, permintaan sewa mobil paling banyak untuk unit Innova Reborn, Fortuner, Toyota Alphard, hingga Land Cruiser untuk kelas yang paling tinggi.

"Memang rata-rata mobil-mobil seperti Innova, rata-rata habis. Banyak dicari saat ini antara Innova, Fortuner, biasanya untuk Gubernur dan Menteri itu Alphard, dan Land Cruiser. Cuman saat ini yang paling banyak dicari itu Innova Reborn sih," ujarnya saat dihubungi, Minggu (11/8/2024).



Lebih lanjut, Agung merinci untuk tarif sewa mobil rental di Balikpapan sendiri untuk Innova dibanderol dengan harga Rp1,8 - 2 juta per hari untuk rute Balikpapan-IKN. Sedangkan Fortuner harga sewa rata-rata Rp2,5 - Rp3 juta per hari. Kemudian untuk kelas paling tinggi harga sewa Alphard dan Land Cruiser harganya berkisar Rp30-50 juta.

"Alphard itu kalau detik-detik seperti ini sampai Rp30 juta bahkan sampai Rp50 juta. Ini mungkin yang pakai Gubernur atau Menteri," tambahnya.



Biaya sewa tersebut disebutkan Agus sudah termasuk biaya bahan bakar, tol, dan sopir yang akan menjemput para tamu di bandara Balikpapan, hotel, IKN, dan kembali ke hotel. Agus mengaku biasanya para tamu menyewa mobil untuk 3-5 hari.

"Kalau paling mahal itu Land Cruiser dan Alphard sebetulnya itu tarif biasa Rp20-25 juta sekarang ini bisa sampai Rp50 juta," ujarnya.

Agus mengaku tarif-tarif sewa tersebut didapatkan dari para penyedia jasa sewa mobil yang ada di Balikpapan. Sebab biasanya Agus mendapatkan permintaan dari konsumen untuk spesifikasi mobil tertentu untuk melayani perjalanan dari Balikpapan ke IKN.

"Saya sebetulnya supir, cuman kadang banyak tamu yang minta mencarikan mobil lain ya saya yang supiri. Jadi saya nanti ambil mobil ke rental, terus saya supiri," pungkasnya.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)