Kereta Tanpa Rel China Siap Antar Jemput Tamu Upacara HUT RI di IKN

Senin, 12 Agustus 2024 - 14:53 WIB
loading...
Kereta Tanpa Rel China...
ART akan segera dioperasikan untuk melayani antar jemput tamu dan masyarakat yang mengikuti perayaan HUT ke-79 RI di IKN. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono mengatakan Autonomous Rail Transit (ART) akan segera dioperasikan untuk melayani antar-jemput tamu dan masyarakat yang mengikuti perayaan HUT ke-79 RI di IKN. Proyek kereta tanpa rel ini merupakan hasil kerja sama antara OIKN dan Norinco, dengan partisipasi dari CRRC produsen sarana perkeretaapian China.

"Ada dua rangkaian kereta dan masing-masing rangkaian memiliki tiga gerbong. Satu gerbong dapat memuat 100 orang, jadi total kapasitas penumpangnya 300 orang. Kecepatannya bisa sampai 70 km/jam," ujar Basuki dalam pernyataannya, dikutip Senin (12/8/2024).

Baca Juga: Investasi Masuk IKN Capai Rp56,2 Triliun, Jokowi Klaim Tanpa APBN

ART yang beroperasi di IKN merupakan moda transportasi massal berupa kereta berbasis elektrik yang tidak memerlukan rel konvensional. Kereta ini menggunakan sistem pandu otomatis yang mengikuti marka khusus yang telah terpasang di jalan.

Untuk skema penjemputannya, pemerintah akan menyiapkan bus listrik untuk mengantar tamu ke halte penjemputan ART. Terdapat empat halte yang akan siap pada 15 Agustus 2024 nanti.

"Halte penjemputan untuk masyarakat ada di halte Sumbu Barat, halte Hotel Nusantara, halte Bank Indonesia, dan halte Grande. Harus tertib naik di halte semua, tidak boleh naik dari sembarang tempat," kata dia.

Selama masa uji coba mulai Agustus hingga Desember, operasionalisasi ART ini akan menggunakan pengemudi untuk agar sistem kereta dapat menyesuaikan rute perjalanan yang dilalui di KIPP IKN.

Adapun rencana skema uji coba nantinya menggunakan rute pendek, yaitu uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Sebagai informasi, trem otonom atau ART merupakan lompatan penggunaan teknologi baru dalam dunia transportasi di Indonesia, yakni kereta tanpa rel. Trem otonom dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet, sehingga kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi.

Baca Juga: 1.700 PNS Pindah ke IKN Oktober, 47 Tower Rusun ASN Disiapkan

Pada kesempatan berbeda, Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi menjelaskan kereta tanpa awak di IKN yang akan melakukan uji coba ini didatangkan oleh perusahaan CRRC Zhuzhou & Norinco asal China. Kegiatan pengiriman trem otonom oleh Norinco sudah dilakukan sejak tanggal 4 Juli dari Shanghai.

Ali mengatakan setidaknya ada 4 hal yang akan menjadi fokus perhatian pemerintah dalam melakukan uji coba kereta otonom ini. Adapun keempat aspek penilaian kereta otonom di IKN ini meliputi keandalan teknis dan kualitas produk (termasuk operation and maintenance), interoperability atau pertukaran informasi, value for money (affordability) atau pengukuran kemampuan bayar masyarakat yang nantinya akan menjadi pengguna transportasi, dan pertukaran pengetahuan dan teknologi antara China dan Indonesia.

"Untuk semua PoC (uji coba) teknologi yang dilakukan di IKN, termasuk dalam hal ini ART, pada prinsipnya ditinjau dari 4 pertimbangan itu," tambah Ali.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)