Ada 60.000 Formasi CPNS Penempatan IKN, 5% Akan Diisi Putra Putri Kalimantan

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 17:16 WIB
loading...
Ada 60.000 Formasi CPNS...
Pemerintah menyiapkan jalur khusus bagi putra putri Kalimantan yang hendak mendaftarkan diri menjadi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk ditempatkan di IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyiapkan jalur khusus bagi putra putri Kalimantan yang hendak mendaftarkan diri menjadi calon aparatur sipil negara (CASN) . Formasi CPNS itu dikhususkan untuk mereka yang hendak ditempatkan di Ibu Kota Nusantara ( IKN ).



Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB, Abdullah Azwar Anas menjelaskan, formasi CPNS pada tahun ini yang akan ditempatkan ke IKN berjumlah 60.000. Dari 60.000 itu, sebanyak lima persennya dipersiapkan untuk putra putri Kalimantan.

“Sebanyak 60 ribu ke IKN. Kita beri afirmasi dari 60 ribu itu, lima persen untuk putra putri Kalimantan ke IKN,” kata Anas kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jumat (16/8/2024).



Nantinya dengan jalur afirmasi tersebut, putra putri Kalimantan tidak akan bersaing dengan mereka yang berasal dari Jawa. Hal itu, kata Anas, merupakan harapan langsung rakyat dan saran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Supaya putra putri Kalimantan tidak bersaing dengan fresh graduate dari Jawa yang selama ini mereka sampaikan ke kami. Jadi saran Presiden formasi lima persen itu kurang lebih dua ribuaan dari putra putri Kalimantan,” jelas dia.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)