alexametrics

Kemenpar Gandeng Blibli Promosikan Wisata Indonesia

loading...
Kemenpar Gandeng Blibli Promosikan Wisata Indonesia
Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga kiri) dan CEO Blibli.com Kusumo Martanto (kedua kanan) berfoto usai penandatanganan MoU antara Kemenpar-Blibli.com di Jakarta, Rabu (11/9/2019). Foto/SINDOphoto/Yorri Farli
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mendukung program Wonderful Indonesia. Melalui MoU ini, kedua pihak berkomitmen untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia dan penyaluran produk serta jasa berbasis online.

Penandatanganan MoU disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III yang membahas tema 5 Destinasi Super Prioritas.

Blibli.com melalui kategori travelnya akan mendukung promosi 10 destinasi pariwisata prioritas dan 88 kawasan strategis pariwisata lainnya. Beberapa destinasi dan kawasan tersebut seperti Danau Toba, Borobudur dan sekitarnya, Labuan Bajo, hingga Wakatobi dan Morotai. Melalui situs dan aplikasi Blibli.com, mal online ini akan membuat situs mikro dan desain khusus untuk Wonderful Indonesia.



Plt Sekretaris Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, kemajuan dunia digital berperan sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. Melalui platform dan teknologi yang dimiliki oleh Blibli.com, Kemenpar meyakini akan banyak potensi yang bisa dikembangkan bersama termasuk bagi para pelaku usaha yang terkait pariwisata.

"Kami menyambut baik kerja sama co-branding dengan Blibli.com untuk mendukung 'Wonderful Indonesia' melalui rangkaian promosi destinasi-destinasi prioritas dan dukungan terhadap para pelaku UMKM guna mengembangkan produknya secara online,” ujarnya di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Senior Vice President Product Category Lay Ridwan Gautama mengungkapkan, Blibli.com sangat senang dapat berkontribusi bagi perkembangan pariwisata Indonesia serta mendukung perkembangan potensi ekonomi kreatif dari ekosistem ini.

"Blibli.com sungguh excited bisa bekerjasama dengan Kemenpar dalam hal promosi wisata di 10 destinasi prioritas dan 88 wisata strategis lainnya. Karena kita bisa ikut berperan untuk mengakselerasi ekonomi digital dan khususnya di dua sektor. Pertama sektor wisata dan ekonomi kreatif yang terkait ke UMKM. Jadi, di daerah banyak UMKM yang menurut kami punya produk potensial dan bagus-bagus yang bisa kita angkat juga," bebernya.

Blibli.com akan mendukung pengembangan bisnis UMKM melalui pelatihan-pelatihan. Pelatihan ini menjadi pembekalan bagi UMKM untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produknya serta membawa bisnisnya ke ranah online.

Pada situs mikro Wonderful Indonesia inilah para pelanggan Blibli.com dapat mengakses produk-produk UMKM dari destinasi prioritas ini.

“Para UMKM menjadi aset penting dalam memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia bagi para wisatawan. Dengan adanya pelatihan dan penjualan produk di Blibli.com, mereka berkesempatan untuk memasarkan produk mereka hingga ke seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sebagai e-commerce lokal, kerja sama ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha pariwisata. Kategori travel Blibli.com tidak hanya menjual kebutuhan dasar pariwisata seperti tiket dan penginapan, namun juga menjual produk dan jasa lainnya.

Oleh karena itu, UMKM lokal dapat memanfaatkan platform Blibli.com untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih dikenal dan mudah dijangkau.

Kategori travel ini termasuk kategori yang masih baru di Blibli.com. Sejak diluncurkan tahun 2016, pertumbuhan kategori ini sungguh menjanjikan. Pada semester pertama 2019, kategori Travel telah berkembang hingga 300% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Untuk porsi dari kategori Travel memang masih kecil, tapi sudah lebih dari 10%-15%. Porsi terbesar masih di produk. Namun, kita percaya akan terus berkembang karena travel ini merupakan aspirasi banyak orang. Ya, siapa sih yang nggak suka jalan-jalan?" pungkasnya.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak