Pewaris Walmart Berharta Rp1.465 T Melompati Penerus L'Oreal Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Senin, 26 Agustus 2024 - 09:10 WIB
loading...
Pewaris Walmart Berharta...
Pewaris kerajaan bisnis ritel, Walmart melompati penerus LOréal untuk menjadi wanita terkaya di dunia dan berpeluang masuk dalam klub USD100 miliar. Foto/Dok Business Insider
A A A
JAKARTA - Pewaris kerajaan bisnis ritel, Walmart melompati penerus L'Oréal untuk menjadi wanita terkaya di dunia dan berpeluang masuk dalam klub USD100 miliar. Alice Walton, putri ikon ritel Sam Walton untuk pertama kalinya memiliki harta kekayaan lebih dari USD95 miliar setara Rp1.465 triliun (Kurs Rp15.427 per USD).



Dilansir Bussiner Insider, lonjakan harta Alice Walton, seiring lonjakan harga saham Walmart yang mencapai 44% ke rekor tertinggi tahun ini. Sentimen tersebut memicu peningkatan kekayaan bersih Alice Walton selama periode yang sama mencapai USD25 miliar.

Sebaliknya Francoise Bettencourt Meyers yang merupakan cucu perempuan Eugene Schueller, pendiri raksasa kosmetik Prancis L'Oréal melihat kekayaannya menyusut sebesar USD9 miliar tahun ini menjadi USD91 miliar. Hal itu sejalan dengan penurunan saham L'Oréal sejak Januari sebesar 12%.



Kondisi ini jauh berbeda dari akhir tahun lalu, ketika Bettencourt-Meyers mengantongi harta bernilai USD100 miliar, sedangkan Walton hanya bernilai USD70 miliar.

Bettencourt Meyers menempati urutan ke-20 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index. Sedangkan Walton duduk di urutan ke-18, tepat di belakang dua saudara laki-lakinya, Jim (USD98 miliar) dan Rob (USD95,8 miliar).

Tercatat masing-masing saudara Alice, masing-masing memiliki lebih dari 11% saham Walmart, dengan asumsi ayah mereka membagi saham di perusahaan secara merata di antara keempat anaknya. Mereka juga sudah mengumpulkan lebih dari USD15 miliar dari penjualan saham dan dividen selama bertahun-tahun, diperkirakan Bloomberg.

Sementara itu, Bettencourt Meyers memiliki sekitar 35% dari perusahaan kosmetik terbesar di dunia, yang juga menaungi merek termasuk Garnier dan Maybelline. Dia mewarisi dari ibunya, Liliane, yang meninggal pada tahun 2017.

Jika kekayaan Walton terus meningkat dan menembus angka USD100 miliar, dia akan bergabung dengan klub elit centibillionaire yang di antaranya dihuni oleh Elon Musk, Bill Gates, hingga Warren Buffett.

Walton dan Bettencourt Meyers adalah dua dari beberapa pewaris di dekat daftar teratas Bloomberg, termasuk Jacqueline Badger Mars dan Abigail Johnson, yang kakeknya masing-masing mendirikan Mars dan Fidelity.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)