Bank Himbara Bantu Gairahkan Ekspor Furnitur

Rabu, 26 Agustus 2020 - 10:39 WIB
loading...
Bank Himbara Bantu Gairahkan Ekspor Furnitur
Ilustrasi furnitur Indonesia. Foto/Dok SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terus mendukung upaya industri mebel atau furnitur dan kerajinan dengan mempertemukan langsung dengan buyers sebagai solusi penurunan ekspor pada tahun ini akibat pandemi Covid-19.

Hal ini seiring nilai ekspor mebel dan kerajinan diperkirakan terjun bebas menjadi kurang USD1,2 miliar hingga akhir 2020 terdampak pandemi Covid-19 .

Ketum Umum Himbara Sunarso menegaskan akan membantu industri kecil dan menengah (IKM) di sektor ini yakni mempertemukan anggota Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) dengan buyers di program UMKM Export BRILian Preneur di JCC Jakarta pada Desember mendatang. Langkah ini untuk menggenjot pasar ekspor dan meningkatkan pembelian di pasar dalam negeri.

“Ini masalahnya demand-nya turun, baik di dalam maupun di luar negeri akibat Covid. Oleh karena itu, pemerintah mestinya bisa juga membelokkan belanja negaranya untuk pembeliaan barang-barang juga secara real. Beli kursi mebel dari produk IKM, baik untuk kebutuhan kantor Lembaga, maupun sekolah-sekolah di seluruh Indonesia," ujar Sunarso di Jakarta, Rabu (26/8/2020). (Baca juga: Pemerintah Anyam Industri Kerajinan Masuk Rantai Pasok Global )

Dia mengatakan akan membantu Himki menyalesaikan masalah sengkarut bahan baku yang menjadi persoalan di industri tersebut. "Saya sarankan kepada ketua Himki untuk fight, duduk dengan para stakeholders untuk mensinkronkan semua masalah sengkarut di industri. Himbara juga memberikan dana CSR-nya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) anggota Himki agar mempunyai keahlian mendesain sesuai selera pasar ekspor,” papar Sunarso. (Baca juga: Mantap! Mendag Lepas Ekspor 20 Ton Bawang Goreng ke Malaysia )

Sementara itu BRI, kata Sunarso, menyiapkan sejumlah hal supaya dana stimulus mengalir. Antara lain terkait data, sistem penyaluran yang kredibel baik transfer atau kredit, komunikasi, serta petugas bank (Mantri BRI) dan para anggota Himbara untuk mengkomunikasikannya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)