Dukung Banpres Usaha Mikro, BRI Pesan Uang Rp2,4 Juta Dipakai Buat Usaha

Rabu, 26 Agustus 2020 - 11:12 WIB
loading...
Dukung Banpres Usaha Mikro, BRI Pesan Uang Rp2,4 Juta Dipakai Buat Usaha
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok SINDOphoto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ditunjuk oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menjadi lembaga penyalur Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) terbesar di Indonesia.

Untuk tahap pertama, BRI telah menyalurkan Rp1,64 triliun kepada lebih dari 683 ribu pelaku usaha mikro. Dalam acara peluncuran program BPUM di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Senin (24/8), presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa program ini merupakan hibah dan diharapkan membantu para pengusaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi Covid-19. (Baca juga: Epidemiologi Anggap Sumber Penularan di Jakarta Masih Tinggi )

"Perlu saya sampaikan ini adalah hibah, bukan pinjaman. Bukan kredit, tapi hibah. Saya harapkan ini nanti banpres produktif ini digunakan betul-betul untuk tambahan modal," kata Jokowi.

Menindaklanjuti arahan presiden tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan BRI telah menyusun strategi untuk menyalurkan stimulus tersebut tepat sasaran dan akuntabel.

“Dari awal kita berinisiatif kemudian kita turunkan people, petugas-petugas BRI mantri-mantri BRI biar kita turunkan untuk memberitahu calon-calon penerima ini," ujarnya, Rabu (26/8/2020).

Dia melanjutkan, kepada pelaku usaha mikro dan kecil akan diberikan bantuan oleh pemerintah sejumlah Rp2,4 juta. "Bapak ibu, bapak punya tabungan di BRI, saldonya kurang dari Rp2 juta maka pemerintah akan memberikan bantuan untuk usaha jumlahnya Rp2,4 juta, tapi sebelum ditarik bapak ibu harus tanda tangan. Bapak berjanji bawa duit Rp2,4 juta ini benar benar digunakan untuk usaha, usaha apa saja pokoknya usaha supaya ekonomi berputar. Kalau setuju tanda tangan, uangnya dicairkan," tuturnya.

Komunikasi seperti ini, ungkap dia, telah dirancang oleh BRI. "Jadi harus dikomunikasikan dengan baik, komunikasi itu ada orangnya massanya kalimatnya bersama supaya pesan-pesannya sampai,” bebernya.

Sunarso juga menyinggung terkait transformasi yang telah dilakukan oleh BRI sejak tahun 2016 sebagai salah satu kunci keberhasilan mendukung program BPUM ini. (Baca juga: Penyaluran Bantuan Modal untuk UMKM Harus Tepat Sasaran )

"Pandemi yang terjadi saat ini menjadi akselerator transformasi yang telah dijalankan oleh BRI terutama di area digital. Digitalisasi mendukung kesiapan infrastruktur BRI yang berjumlah lebih dari 9.500 jaringan kantor dan reliabilitas data yang dimiliki BRI dalam menyalurkan BPUM,” imbuh Sunarso.

Karena sifatnya hibah, Bank hanya penyalur atau channeling saja sehingga tidak dicatat di neraca bank. Untuk validasi dan verifikasi data sepenuhnya dilakukan oleh Kemenkop dan UKM.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)