PPBI Diluncurkan Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal

Selasa, 27 Agustus 2024 - 21:54 WIB
loading...
PPBI Diluncurkan Tingkatkan...
Rangkaian peluncuran Program Pengembangan Brand Indonesia (PPBI). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di tengah arus globalisasi yang terus berkembang, kemampuan brand lokal untuk berdiri tegak dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri bukan hanya sebuah aspirasi, tetapi sebuah kebutuhan strategis. Pasalnya, brand-brand lokal adalah cerminan dari kreativitas, inovasi, dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh sebuah bangsa.

Menjadi tuan rumah di negeri sendiri berarti brand lokal mampu menghadapi tantangan pasar dengan kepercayaan diri dan kekuatan yang memadai. Ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari pengembangan produk yang berkualitas tinggi, manajemen brand yang efektif, hingga strategi pemasaran yang inovatif.

Baca Juga: Festival Beli Lokal 2024 Hadir Lagi, Serbu Brand Ini Pakai Diskon BRI

Brand lokal yang kuat tidak hanya berkontribusi pada perekonomian Indonesia, tetapi juga membuat pengalaman konsumen dengan produk dan layanan yang unik dan menarik. Oleh karena itu, INFOBRAND.ID bersama Indonesia Brand Community (IBC) meluncurkan Program Pengembangan Brand Indonesia (PPBI), sebuah inisiatif strategis yang bertujuan untuk meningkatkan citra dan daya saing brand-brand lokal Indonesia.

Program ini merupakan bagian dari upaya menciptakan nilai bersama yang tidak hanya memberikan dampak sosial terhadap pengembangan brand di Indonesia namun juga manfaat signifikan bagi perusahaan, serta dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan brand Indonesia melalui serangkaian kegiatan, termasuk edukasi, publikasi, komunitas, pameran, penghargaan dan summit.

"Program ini ditujukan khusus untuk pelaku brand lokal Indonesia, dengan fokus utama pada peningkatan citra dan daya saing di pasar Indonesia," kata Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community (IBC).

Dia berharap, dengan kehadiran PPBI brand-brand lokal Indonesia dapat tumbuh dan berkembang, di pasar dalam negeri. Pasalnya pada program terdapat beragam kegiatan untuk menjadikan brand Indonesia yang unggul.

"Seperti webinar, pelatihan, business matching, penghargaan dan konferensi brand yang dirancang untuk memperkuat pengetahuan dan kemampuan brand Indonesia," ujarnya lagi.

Lihat Foto: Dorong Penjualan Produk Lokal Lewat Tren Live Shopping

Selain webinar dan sesi pelatihan intensif yang mencakup manajemen produk, brand, dan pelanggan. Ada pula kegiatan Indonesia Business Opportunity Online Show (IBOS), yang merupakan platform untuk mempertemukan brand-brand Indonesia dengan calon mitra. Kegiatan temu bisnis atau bisnis matching ini, untuk memperluas jaringan dan peluang pasar brand-brand lokal di Indonesia.

Selain itu, program ini juga diisi dengan kegiatan tahunan brand summit atau konferensi tahunan yang membahas tren terbaru dan menghadirkan brand-brand sukses sebagai pembicara, kemudian ada penghargaan Brand Indonesia Excellence Award, yang merupakan penghargaan untuk brand-brand Indonesia yang berhasil dalam membangun popularitas, keterpelihan dan kepuasan pelanggan.
Pada September mendatang program PPBI mengagendakan kegiatan webinar Brand Indonesia Scale Up Class (BISC) dengan tema: "Scale Up Your Business, 5 Langkah Membangun Brand dari Kecil Menjadi Besar Melalui Kemitraan" Dalam webinar ini akan dibahas pengembangkan bisnis melalui kemitraan, Membuat Bisnis Model, Membangun Brand, Memasarkan Peluang Bisnis, dan Perjanjian Kemitraan.

Lebih lanjut Tri mengungkapkan, melalui PPBI ini Brand Indonesia akan didorong citranya melalui publikasi di berbagai media nasional dan tentunya di tahun-tahun mendatang diharapkan PPBI akan menjadi pilar penting dalam pengembangan brand Indonesia.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)