Banjir Produk Impor di E-Commerce, Sri Mulyani Ogah PLB Disalahkan

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 22:13 WIB
Banjir Produk Impor di E-Commerce, Sri Mulyani Ogah PLB Disalahkan
Banjir Produk Impor di E-Commerce, Sri Mulyani Ogah PLB Disalahkan
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menekankan, bahwa banjirnya produk impor yang dijual e-commerce bukan karena adanya kehadiran Pusat Logistik Berikat (PLB). Diketahui sebelumnya para pelaku usaha dalam negeri mengeluhkan maraknya produk-produk impor yang dijual melalui online khususnya platform e-commerce.

"Ada juga keluhan kepada saya PLB e-commerce yang seakan ciptakan banjir produk dari luar. Kalau ada yang mengeluh terutama di dunia e-commerce mereka tersaingi, sampai hari ini PLB e-commerce belum ada satu pun yang beroperasi," jelas Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Meski begitu, mantan Direktur Bank Dunia itu menerangkan pemerintah sebagai pemangku kebijakan akan terus mendengar semua pendapat para pelaku usaha hingga masyarakat. Hal itu untuk membuat kebijakan yang dihasilkan memang memberikan solusi terhadap persoalan yang tengah terjadi.

"Artinya, kami kalau ada keluhan tentu akan terus mendengar, meneliti, dan melakukan evaluasi. Sehingga kalau mengetahui secara detail, kami bisa merespons sesuai dengan persoalan yang ada," paparnya

Sebelumnya, Menkeu mengungkapkan pihaknya menemukan ada 15 pelaku usaha yang memalsukan keterangan produk, agar tidak perlu mendapat rekomendasi Kemenperin dan persetujuan Kemendag. Meskipun demikian, para pelaku usaha curang tersebut dapat dipastikan tidak dapat mengimpor barangnya melalui PLB.

Sebab, PLB melakukan pengecekan langsung sampai ke dalam produk impor. "DJBC (Direktorat Jenderal Bea Cukai) akan melakukan pengawasan kepada importasi TPT melalui sinergi dengan DJP, serta pengawasan fisik melalui patroli terutama untuk mencegah penyelundupan Balepress (baju bekas)," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0744 seconds (0.1#10.140)