Pelindo III-TNI Sinergi Tanam Ratusan Ribu Bibit Bakau

Selasa, 08 Oktober 2019 - 23:16 WIB
Pelindo III-TNI Sinergi Tanam Ratusan Ribu Bibit Bakau
Pelindo III-TNI Sinergi Tanam Ratusan Ribu Bibit Bakau
A A A
JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 dengan melaksanakan penanaman 300.074 bibit bakau (mangrove) bersama TNI secara serentak di 74 titik dari Sabang sampai Merauke. Dalam kegiatan bertema "Selamatkan Bumi untuk Anak Cucu Kita" tersebut, Pelindo III bersama TNI dan elemen masyarakat di Cilacap, Semarang, Benoa, Kupang, Lembar, Tanjung Wangi dan Maumere, menanam sebanyak 51.900 bibit mangrove.

"Saya sangat bangga dapat langsung melakukan penanaman mangrove bersama TNI di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Aksi menanam mangrove ini adalah bentuk kepedulian Pelindo III terhadap ekosistem hutan mangrove di wilayah kerjanya," ujar Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto dalam keterangan resminya, Selasa (8/9/2019).

Sementara, Komandan Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan tanam mangrove merupakan sebuah langkah awal bagi TNI bersama dengan BUMN Kepelabuhanan dan masyarakat sekitar untuk melestarikan lingkungan, terutama di sekitar laut dan pantai.

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil E Dardak yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, Jawa Timur memiliki 18.500 hektare hutan mangrove. Namun kerusakan yang terjadi akibat penjarahan liar mencapai 45%. Kerusakan juga disebabkan oileh alih fungsi kawasan hutan mangrove menjadi permukiman, industri dan tambak, illegal logging, hama/penyakit, pencemaran, dan praktik budidaya yang tidak berkelanjutan. "Akibatnya luas hutan mengrove di Jawa Timur terus menyusut," tuturnya.

Sementara, di lokasi penanaman mangrove lainnya di Bali dihadiri oleh Gubernur Bali Wayan Koster. "Saya sangat mendukung program penghijauan semacam ini, karena pembangunan di Pelabuhan Benoa pasti didukung jika turut memperhatikan kelestaraian lingkungan alam," ujar Koster pada kesempatan tersebut.

Hutan mangrove sangat berperan dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil. Kehadiran pohon dan semak pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, hutan mangrove juga berperan penting melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan erosi dan abrasi.

Penanaman bibit mangrove ini juga merupakan wujud nyata upaya Pelindo III dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui penghijauan demi keberlanjutan kehidupan anak cucu di masa yang akan datang.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4922 seconds (0.1#10.140)