Vaksinasi Covid Masyarakat Maritim di Pelabuhan Pelindo III

Rabu, 30 Juni 2021 - 14:00 WIB
loading...
Vaksinasi Covid Masyarakat Maritim di Pelabuhan Pelindo III
Pemberian vaksin kepada masyarakat terus digencarkan termasuk bagi para karyawan pelabuhan dan Anak Buah Kapal (ABK) di pelabuhan-pelabuhan PT Pelindo. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Pemberian vaksin COVID-19 kepada seluruh masyarakat Indonesia terus dilakukan. Itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar TNI dan Polri membantu menyukseskan Program Pemerintah untuk percepatan pelaksanaan serbuan vaksinasi kepada masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merupakan lembaga l yang gencar berkolaborasi dengan berbagai pigak melakukan vaksinasi. Sebab, risiko penularan Covid-19 di pelabuhan cukup tinggi mengingat aktivitas di pelabuhan yang berkaitan dengan lalu lintas barang dan kapal dari dalam maupun luar negeri dan juga aktivitas penumpang antar pulau.

(Baca Juga : Dukung Keselamatan Pelayaran, Pelindo IV Perluas Layanan Terminal Khusus )

Pangkalan TNI AL Kotabaru (Lanal Kotabaru) melaksanakan serbuan vaksinasi COVID-19 masyarakat maritim yang digelar di Pelabuhan Pelindo III Desa Stagen Kecamatan Pulau Laut Utara.Lanal Kotabaru melalui balai pengobatan bersinergi dengan Dinas Kesehatan setempat, Puskesmas Kotabaru guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat pesisir yang belum menerima vaksinasi COVID-19, dalam pelaksanaannya Tim Vaksinator menggunakan tenaga medis dari Lanal Kotabaru, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kotabaru.

Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto S.T. M.Han mengatakan, kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Lanal Kotabaru merupakan upaya TNI AL dalam hal ini Lanal Kotabaru untuk mendukung program pemerintah dalam Percepatan vaksinasi COVID-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Kotabaru.“Sasaran dalam pelaksanaan vaksin ini adalah para ABK Kapal, pekerja bongkar muat pelabuhan serta masyarakat pesisir dengan target hari ini yaitu 200 orang peserta vaksin,”ujarnya dalam keterangan tertulis Rabu (30/6/2021).

(Baca Juga : Panglima TNI Bersama Kapolri Pantau Serbuan Vaksinasi di Pelindo II )

Dia juga menghimbau agar dalam pelaksanaan vaksinasi massal dilakukan dengan tata cara protokol kesehatan yang ketat, termasuk dilakukan pengelompokan secara tertib untuk mencegah agar tidak terjadi kerumunan pada saat pelaksanaan vaksinasi.Sebagai operator terminal pelabuhan, Pelindo III berharap proses vaksinasi bagi pekerja pelabuhan dapat mendorong peningkatan aktivitas pelabuhan yang sempat terpengaruh oleh pandemi Covid-19.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)