alexametrics

Sri Mulyani Waspadai Pemangkasan Ekonomi IMF

loading...
Sri Mulyani Waspadai Pemangkasan Ekonomi IMF
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Lembaga Moneter Internasional alias IMF (International Monetary Fund) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2019, menjadi 3% dari sebelumnya 3,2%.

Adapun IMF memproyeksikan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini di level 5%, sama dengan proyeksi pada Juli 2019 kemarin.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemangkasan pertumbuhan ekonomi 2019 yang dilakukan IMF membuktikan bahwa risiko ekonomi yang melambat bisa menekan Indonesia.



"IMF menggambarkan down risk yang sudah terjadi dan bisa menimbulkan dampak negatif pada negara emerging market, bahkan negara maju," katanya usai menghadiri pelantikan Anggota BPK 2019-2024 di Gedung Mahkamah Agung, Kamis (17/10/2019).

Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah akan dan harus waspada dari sisi kondisi eksternal, mengingat ekspor sedang menghadapi tekanan.

"Dan ini pasti memengaruhi pertumbuhan kita. Tetapi selama permintaan domestik masih cukup, itu bisa menetralisir. Oleh karena itu, semua kebijakan difokuskan untuk menjaga momentum permintaan domestik supaya enggak tertekan," terangnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak