10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PDB per Kapita pada Tahun 2024

Kamis, 05 September 2024 - 20:35 WIB
loading...
10 Negara Terkaya di...
Ketika Anda memikirkan negara-negara terkaya di dunia, produk domestik bruto atau PDB per kapita menjadi salah satu alat ukurnya. Berikut adalah 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketika Anda memikirkan negara- negara terkaya di dunia, produk domestik bruto atau PDB per kapita menjadi salah satu alat ukurnya. Berikut adalah 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita, menurut perkiraan Dana Moneter Internasional (IMF).

Daftar yang muncul mungkin mengejutkan, karena berisikan beberapa negara-negara kecil. Baca Juga: 10 Negara Terkaya di Afrika Menurut PDB Per Kapita pada 2023

PDB menjadi parameter untuk menilai semua barang dan jasa yang diproduksi pada suatu negara. Lalu membagi angka tersebut dengan total jumlah penduduk suatu negara, maka Anda mendapatkan gambaran tentang seberapa kaya atau miskin penduduk suatu negara secara umum.



Namun gambaran yang jauh lebih tepat tentang kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara adalah ketika Anda juga memperhitungkan tingkat inflasi dan biaya produk dan jasa. Selain kedua faktor tersebut, bisa juga mempertimbangkan PPP atau paritas daya beli.

Cek lebih dekat 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita pada tahun 2024:

10. Norwegia

PDB: USD526.95 miliar
Populasi: 5,41 juta

Norwegia kembali menjadi penyedia minyak bumi teratas di wilayah Eropa Barat. Ekonomi Norwegia mulai membaik setelah dihantam selama krisis Covid-19.

Lebih lanjut, Norwegia memiliki dana kekayaan negara senilai USD1,3 triliun yang bisa dipakai untuk menangani krisis apapun secara mendesak. Angka tersebut menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

9. Amerika Serikat

PDB: USD28,78 triliun
Populasi: 332 juta

Jika Anda bertanya-tanya tentang PDB per kapita AS pada awalnya, negara ini pasti masuk ke dalam daftar 10 ekonomi teratas berdasarkan PDB per kapita PPP. Selain menjadi entitas ekonomi yang dominan, Amerika juga didukung oleh kapasitas militernya.

8. San Marino

PDB: USD2,03 miliar
Populasi: 33.580

San Marino adalah republik tertua di Eropa dan terkecil kelima di benua biru. Tarif pajak penghasilan sangat kecil di sini, yang berkontribusi besar pada kekayaan para warga negaranya.

Bahkan San Marino menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak memiliki Utang Nasional sejauh ini hingga 2023. Terkurung daratan Italia, San Marino memiliki pengaruh budaya Italia yang cukup besar dan juga merupakan salah satu negara paling indah yang mengandalkan pariwisata, dengan wisatawan dari seluruh dunia mengunjungi negara tersebut.

7. Swiss

PDB: USD938.46 miliar
Populasi: 8,70 juta
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)