Tingkatkan Kompetensi dan Sertifikasi SDM, ITC Tunjukkan Komitmen

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 22:18 WIB
Tingkatkan Kompetensi dan Sertifikasi SDM, ITC Tunjukkan Komitmen
Tingkatkan Kompetensi dan Sertifikasi SDM, ITC Tunjukkan Komitmen
A A A
JAKARTA - Era digital seperti sekarang ini membuat data menjadi salah satu alat paling ampuh untuk mengukur, melibatkan, menginformasikan, dan menciptakan peluang untuk setiap individu. Khususnya data penilaian yang berstandar internasional dapat diimplementasikan bersama dengan jalur pendidikan bagi calon lulusan ataupun angkatan kerja.

Didukung oleh kemajuan teknologi, data tersebut akan membantu dalam menentukan perlakuan, pengambilan keputusan, dan rencana strategis untuk membangun sumber daya manusia yang unggul. International Test Center (ITC) sebagai salah satu lembaga yang mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelaksanakan asesmen dan program pelatihan, tahun ini kembali melaksanakan ITC Leadership Seminar.

“Ini adalah tahun ke 10 kami dalam menyelenggarakan seminar kepemimpinan ini sebagai bukti konsistensi kami dalam mendukung sektor pendidikan, perusahaan dan pemerintah dalam meningkatkan program pengembangan sumber daya manusia mereka," ujar CEO International Test Center Victor Chan di Jakarta

Seminar ini menyediakan forum bagi para pemimpin perusahaan, pendidikan, dan lembaga pemerintah di Indonesia, untuk berbagi informasi terbaru, untuk bertukar pikiran, dan membangun jejaring dengan mengangkat tema Mining the Data to Ensure Graduates and HR Candidates are Competitive and 21st Century Work Ready.

Victor Chan menambahkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan adalah untuk mengeksplorasi tentang pentingnya data penilaian yang berstandar internasional untuk memastikan calon lulusan ataupun kandidat SDM unggul dan berkompetitif. Salah satu data penilaian yang dimaksud adalah kemampuan bahasa Inggris dan literasi digital.

Tidak dapat dipungkiri saat ini angkatan kerja dituntut untuk memiliki aspek kemampuan yang sesuai dengan perkembangan global. Peserta yang telah ataupun yang belum memiliki data penilaian tentang bahasa Inggris dan kompetensi literasi digital, diharapkan dapat mendapatkan inspirasi untuk mengoptimalkan data tersebut sehingga akan menjadi salah satu pertimbangan untuk langkah selanjutnya dalam pengembangan sumber daya manusia.

Di kesempatan yang sama, Fahrurozi selaku Direktur Produktivitas Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan, anak-anak bangsa harus diberikan pelatihan dan kompetensi untuk masuk dunia kerja. Kemampuan berbahasa menjadi bagian penting untuk bersaing dalam industri 4.0. Sertifikasi sangat penting untuk menunjukan bagaimana kompetensi atau kemampuan seseorang atau calon tenaga kerja sehingga mereka akan lebih percaya diri dan siap masuk dunia kerja.

"Tantangan sektor ketenagekerjaan di Indonesia adalah terkait profil tenaga kerja yang ada di bawah serta adanya globalisasi yang memberikan dampak terhadap human reosurces. Oleh karena itu pemerintah akan terus meningkatkan pendidikan, pelatihan dan vokasi dengan massive dan fokus," terang Fahrurozi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5658 seconds (0.1#10.140)