Soal Keputusan Indonesia Gabung BRICS, Menlu Retno: Ada di Tangan Prabowo

Kamis, 05 September 2024 - 22:17 WIB
loading...
Soal Keputusan Indonesia...
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menegaskan keputusan Indonesia bergabung dengan aliansi BRICS berada di tangan presiden terpilih Prabowo Subianto. Adapun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2024 akan dilaksanakan di Kazan, Rusia pada 22-24 Oktober 2024.

"Keputusan akan ada di dalam pemerintahan yang akan datang, tetapi kami terus memberikan masukan kepada presiden terpilih mengenai masalah BRICS ini," ujar Retno Marsudi saat rapat kerja bersama Komisi I DPR, di Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Baca Juga: AS Mampu Hancurkan Seluruh Lokasi Peluncuran Nuklir Rusia dan China, tapi...

Terkait kepastian keikutsertaan Indonesia bergabung dengan BRICS, Retno telah melakukan komunikasi dengan Prabowo. Pembicaraan dilakukan di awal pengumuman sebagai pemenang Pilpres 2024.

Dia menyampaikan bahwa untuk memastikan bergabung dengan BRICS harus dihitung terlebih dahulu manfaat ekonominya. Pasalnya, BRICS didirikan berdasarkan tujuan ekonomi, meskipun Indonesia sebelumnya telah diajak bergabung saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15 di Johannesburg, Afrika Selatan tahun lalu.

Baca Juga: 126 Negara Bakal Berkumpul di Rusia, Bahas Penggulingan Dolar AS

"Oleh karena itu, kita mencoba untuk berhitung dari sisi ekonomi dulu, apakah kemanfaatannya cukup banyak sehingga kita akan memutuskan bergabung dengan BRICS," jelasnya.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)