Co-firing PLTU Jeranjang Ciptakan Manfaat Ganda Bagi Masyarakat Lombok

Jum'at, 06 September 2024 - 23:33 WIB
loading...
A A A
Terkait manfaat ganda dari pemanfaatan limbah yang dilakukan PLN Indonesia Power UBP Jeranjang, salah satu koordinator masyarakat penyedia biomassa sawdust Mansyur mengungkapkan bahwa sejak dijalankannya program ini, PLN Indonesia Power UBP Jeranjang telah memberdayakan masyarakat sekitar pembangkit. Mereka memperoleh manfaat ekonomi dengan menyediakan bahan baku biomassa yang berasal dari wilayah sekitar Lombok.

"Kita mengumpulkan potensi-potensi lokal. Sumber kami adalah se-Pulau Lombok, jadi ada ratusan ton perkiraan yang didatangkan setiap harinya. Untuk pendapatan, meningkat dua kali lipatnya. Yang awalnya berpenghasilan Rp50.000 setiap harinya kini dapat mencapai Rp100.000-150.000," papar Mansyur.

Mansyur dan anggota kelompoknya mendapat target untuk menyediakan 3.000 ton sawdust dalam satu tahun. Untuk menyediakan hasil olahan serbuk gergaji tersebut, dibutuhkan tenaga sekira 50 orang. Selain itu, ada pula pihak lain yang berperan dalam kegiatan ini. Mansyur menjelaskan, antara lain adalah para perajin kayu yang sejak berjalannya program ini menfapatkan manfaat langsung. Serbuk kayu yang sebelumnya terbuang sebagai limbah, kini memiliki nilai ekonomi.

"Kegiatan penyediaan sawdust ini terbukti menambah pendapatan masyarakat dan membuka lapangan kerja baru, sehingga perekonomian wilayah Lombok juga lebih mengeliat," tandasnya.
(fjo)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)