5 Prioritas Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Senin, 28 Oktober 2019 - 18:34 WIB
5 Prioritas Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah
5 Prioritas Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah
A A A
Pernikahan merupakan sebuah titik awal dimana seseorang harus rela membagi seluruh aspek kehidupan dengan pasangannya. Pernikahan juga menjadi gerbang dimulainya segala urusan yang terkait dengan sistem keuangan yang baru, karena keluarga pun juga baru. Jadi, ketika menikah, seseorang harus sudah memiliki rencana finansial yang matang dari jauh-jauh hari sehingga bisa lebih menata kehidupan berkeluarganya.

Salah satu cara merencanakan keuangan untuk keluarga baru adalah dengan memasang skala prioritas serta menyatukan visi dan misi baik dari suami maupun istri. Dengan ini, keduanya akan bisa saling memahami bagaimana alur pengeluaran dan tabungan sesuai kebutuhan primer.

Oleh karena itu, berikut 5 prioritas keuangan untuk pasangan muda yang harus dicapai agar kehidupan berkeluarga lebih mudah ditata.

1. Rumah
Rumah adalah kebutuhan yang paling utama atau primer. Bila pasangan muda belum mempunyai rumah sendiri, lebih baik direncanakan secepatnya dan harus betul-betul menghemat. Mengingat harga rumah naik setiap tahunnya, memang harus direncanakan sedini mungkin.

Tips membeli rumah bila mengikuti program KPR adalah jangan membayar DP yang paling rendah, agar beban kredit yang ditanggung setiap bulannya terasa lebih ringan.

Membeli rumah juga harus bertahap, bila kita hanya mampu membeli rumah dengan harga kurang dari Rp500 juta, jangan memaksakan diri untuk membeli lebih dari harga tersebut. Untuk sementara tinggal di rumah atau apartemen yang mampu dibeli saja, hingga pada waktunya secara finansial sudah siap, rumah yang sudah dibeli bisa dijual dan harganya pun sudah naik. Dengan modal itu juga bisa pindah ke rumah yang lebih baik lagi.

2. Kendaraan
Memiliki kendaraan sendiri sangat penting untuk menghemat pengeluaran, apalagi bila mempunyai kendaraan sendiri tentu seseorang bisa pergi ke mana saja dengan leluasa. Oleh karena itu, perencanaan untuk memiliki kendaraan terutama mobil, harus menjadi prioritas para pasangan baru. Jangan muluk-muluk mempunyai mobil yang high end dan canggih, LCGC (Low Cost Green Car) yang mampu mengangkut beberapa barang dan 1 orang anak saja sudah cukup untuk keluarga kecil baru yang bahagia.

3. Kebahagiaan Orang Tua
Setelah rumah dan kendaraan, para pasangan muda ini juga harus peduli dengan kebahagiaan orang tua dari masing-masing, karena usia orangtua juga semakin lanjut, maka mereka pasti lebih membutuhkan anak-anaknya dibanding sebelumnya.

Hal ini perlu disikapi secara bijaksana, aturlah waktu untuk menemui orang tua setiap minggunya secara teratur. Selain itu, harus dibuat anggaran khusus untuk makanan dan kesehatan orang tua.

4. Pendidikan Anak
Biaya pendidikan yang semakin tinggi akan sangat membebani apabila tidak dipikirkan sejak dini. Ditambah, saat ini anak dituntut untuk bisa bersaing di era digital, sehingga banyak dari mereka yang harus mengambil les tambahan untuk mengejar ketertinggalan pelajaran maupun meningkatkan skill.

Biaya untuk pendidikan anak jelas tidak murah. Oleh karena itu pendidikannya harus benar-benar diprioritaskan supaya tidak menimbulkan penyesalan karena mereka gagal bersaing dengan kompetitornya di dunia kerja kelak. Sekecil apapun mulailah berinvestasi dengan cara memulai tabungan pendidikan anak sejak dini.

5. Asuransi Kesehatan
Jangan sekali-kali menganggap remeh kesehatan, karena kesehatan terasa sangat tidak perlu dipikirkan sebelum merasakan pahitnya obat, sakitnya disuntik dan membayar jasa rumah sakit. Apalagi bila sudah berkeluarga, asuransi kesehatan sangat perlu agar tidak mengeluarkan uang yang besar ketika salah satu dari anggota keluarga sakit.

Banyaknya kebutuhan yang harus dikeluarkan membuat para bapak dan ibu muda berpikir 2 kali untuk mengeluarkan semua uang yang ada di tabungannya. Kredivo bisa menjadi jawaban dari permasalahan keluarga yang membutuhkan pinjaman dana untuk membeli kebutuhan mendadak seperti memperbaiki kendaraan, memperbaiki rumah, membeli gadget dan lain-lain.

Selain itu, daftar Kredivo juga sangat mudah. Hanya cukup mengunggah foto KTP dan foto selfie serta menyambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi saja bisa mendapatkan pay later atau pinjaman yang harus dibayar kembali dalam waktu 30 hari tanpa bunga dengan limit hingga Rp3 juta. Bila ingin upgrade ke premium account, tinggal menghubungkan akun internet banking saja lalu bisa menikmati layanan kredit tanpa kartu dengan limit hingga Rp30 juta dan tenor dari 3/6/12 bulan. Mudah bukan?

Jadi, mana yang menjadi prioritas utama para pasangan yang baru menikah? Apapun prioritasnya, lebih baik dilakukan secara bertahap dan sesuai kemampuan yang dimiliki para individu. Selamat mencoba!
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9534 seconds (0.1#10.140)