Menteri Rosan Apresiasi Peningkatan Investasi PT Nippon Shokubai Indonesia

Rabu, 11 September 2024 - 17:32 WIB
loading...
Menteri Rosan Apresiasi...
PT Nippon Shokubai Indonesia meningkatkan nilai investasinya di tanah air sebesar USD110 juta. Foto/Dok. PT Nippon
A A A
CILEGON  - Menteri Investasi dan Kepala BKPM Rosan Perkasa Roeslani menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Nippon Shokubai Indonesia yang terus meningkatkan nilai investasinya di Indonesia.

"Perusahaan Nippon Shokubai ini sudah sejak 1996 dan telah banyak memberi manfaat besar, terutama menyerap tenaga kerja bagi lingkungan sekitar perusahaan," ujar Rosan saat meninjau pabrik milik PT Nippon Shibuga Indonesia, di Kota Cilegon, Banten, Rabu (11/9/2024).



Ke depan, sambung Rosan, PT Nippon Shokubai Indonesia akan terus berekspansi dengan memperluas pembangunan pabrik. "Pembangunan pabrik fase keempat ini akan kita kawal dan ditargetkan beroperasi pada 2027 dengan nilai investasi USD110 juta," tukasnya.

Diketahui, saat ini PT Nippon Shokubai Indonesia (PT NSI) membangun pabrik ketiga guna menjaga pasokanAcrylic Aciddalam negeri menyusul permintaan domestik yang meningkat sekaligus menambah potensi pasar ekspor.

PT NSI menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia dan Asia Tenggara yang memproduksiAcrylic AciddanAcrylic Esters, sekaligus merupakan produsenSuperabsorbent Polymer(SAP) pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Acrylic AciddanAcrylic Estersmerupakan bahan kimiaintermediateyang pemanfaatannya sangat luas, antara lain untuk bahan baku pada industri emulsi, polimer dan resin, akrilik fiber, dan poliolefin kopolimer. Sedangkan SAP digunakan sebagaiabsorbentmaterial padadisposable baby diapersatau popok sekali pakai.

Nippon Shokubai Group memiliki 20 persen pangsa pasar dunia untuk produk SAP, sehingga menjadikan Nippon Shokubai Group sebagai pemasok terbesar SAP di dunia. Investasi proyekAcrylic AcidPT NSI tahap ketiga di Cilegon, Banten, menunjukkan bahwa potensi pengembangan industri kimiaintermediatesangat besar.

Dengan penambahan kapasitas produkAcrylic Acidsebesar 100 ribu ton/tahun, total kapasitasAcrylic AcidPT Nippon Shokubai Indonesia menjadi 240 ribu ton/tahun. Penambahan kapasitas produksi ini berkontribusi menjaga pasokan dalam negeri sebagai antisipasi meningkatnya permintaanAcrylic Aciddomestik, sekaligus menambah potensi pasar ekspor.

Dengan total nilai investasi sebesar 693 juta dolar AS hingga saat ini, PT NSI telah mampu menyerap tenaga kerja terampil dan membuka peluang lapangan pekerjaan baru.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)