Pertamina Pamerkan Produk UMKM Binaan di Ajang The 21st CAEXPO 2024

Rabu, 25 September 2024 - 16:05 WIB
loading...
Pertamina Pamerkan Produk...
Produk karya UMKM binaan Pertamina menarik perhatian pengunjung pameran The 21st China ASEAN Expo 2024 di NICEC Naning Guangxi, China. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memamerkan ratusan produk dari 13 usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan yang berasal dari berbagai daerah ke ajang The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024). Ajang yang diikuti oleh 10 negara ASEAN dan China tersebut digelar pada 24-28 September 2024 di Nanning International Convention and Exhibition Centre (NICEC) Naning Guangxi, China.

Adapun 13 UMKM binaan Pertamina yang memamerkan produknya di CAEXPO 2024 adalah Fish Skin; Mutiara Gitbay; D'etnick Istana Mutiara; Evie Sobag; Loyok Kreatif; Persona Handicraft; Soulmate Bedsheet; Mandiri Craft; Dade Craft; Adhimas Handycraft; Woodeco; Bali Ayu dan Bali Pure.



Langkah Pertamina memboyong produk-produk dari UMKM binaan tersebut menjadi upaya strategis dalam mempromosikan produk-produk unggulan nasional di pasar internasional. Untuk tampil di pameran tersebut, ratusan produk UMKM nasional ini sebelumnya telah melalui proses kurasi yang sangat ketat.

Salah satu produk unggulan yang diikutsertakan adalah Mutiara Gitbay yang memamerkan perhiasan hasil perpaduan mutiara, emas, dan perak. Ada juga D'etnick Istana Mutiara yang memamerkan perhiasan etnik dengan desain dan kreasi budaya lokal. Koleksi cincin, kalung, dan giwang yang dibuat secara handmade oleh para perajin lokal tersebut sukses mencuri perhatian para konsumen, termasuk konsumen global.

Apresiasi pun dilontarkan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Mardyana Listyowati atas upaya Pertamina tersebut. Saat peresmian Indonesian Pavillion di China ASEAN Expo 2024, Mardyana menegaskan bahwa langkah Pertamina tersebut secara nyata meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar global.

"Setelah saya berkeliling melihat produk binaan Pertamina, saya bangga dengan Pertamina karena mendorong UMKM-nya untuk menjadi eksportir yang berdaya saing di luar negeri sehingga turut mendorong peningkatan ekonomi nasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/9/2024).

Mardyana pun berharap Pertamina terus melibatkan UMKM dan tak henti mendorong UMKM binaan menjadi garda terdepan perdagangan Indonesia, khususnya di bidang ekspor. Dia juga meminta Pertamina untuk tidak hanya membina UMKM yang sudah ada, tetapi juga membina UMKM baru dan mendorong mereka menjadi eksportir yang baik.



Sementara, Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan apresiasinya atas inovasi dan kreativitas yang ditunjukkan para UMKM. Dengan berinovasi, kata dia, produk lokal UMKM binaan Pertamina semakin memantapkan posisinya di pasar luar negeri.

"Selain mengikuti pameran ritel, UMKM binaan Pertamina juga mengikuti kegiatan Business Matching yang merupakan proses Business-to-Business (B2B) yang dapat membuka peluang kerja sama baru dengan para pelaku usaha dari China dan negara-negara ASEAN lainnya. Ini bukti nyata bahwa produk lokal Indonesia bisa bersaing di dunia global dan ikut berkontribusi untuk ekonomi nasional," kata Fadjar.

Keikutsertaan Pertamina di CAEXPO 2024 dengan membawa produk-produk UMKM mitra binaannya, lanjut Fadjar, dapat memenuhi permintaan pasar di China sekaligus memperkuat posisi produk lokal di kancah internasional. Partisipasi ini juga merupakan wujud nyata komitmen Pertamina dalam mendukung perkembangan ekonomi Indonesia melalui pemberdayaan UMKM.

"Partisipasi Pertamina di CAEXPO 2024 adalah bukti nyata komitmen kami dalam mendorong UMKM mitra binaan untuk terus berkembang dan bersaing di pasar internasional. Kami percaya bahwa produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh mitra binaan Pertamina tidak hanya akan memenuhi kebutuhan pasar di China, tetapi juga akan memperkuat posisi produk lokal Indonesia secara global," tandasnya.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)