Gunakan MyPertamina, UMKM Go Digital di Pertamina Grand Prix of Indonesia

Jum'at, 27 September 2024 - 14:36 WIB
loading...
Gunakan MyPertamina,...
Sosialisasi penggunaan MyPertamina pada UMKM yang terlibat di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, di Rumah BUMN Lombok Timur, Rabu (25/9). FOTO/Ist
A A A
LOMBOK - PT Pertamina (Persero) memanfaatkan ajang balap internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika untuk mendorong digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaannya. Langkah itu dilakukan dengan mewajibkan puluhan UMKM yang akan menjajakan produknya di ajang balap tersebut menggunakan aplikasi MyPertamina untuk kemudahan bertransaksi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, UMKM binaan perusahaan memiliki produk-produk yang unik dan berkualitas. Dengan langkah digitalisasi tersebut, diharapkan produk UMKM yang terdiri dari makanan minuman serta beragam kerajinan khas Indonesia ini semakin mudah diperoleh masyarakat maupun wisatawan.



"Penggunaan MyPertamina bermanfaat untuk mempermudah dan mempercepat transaksi selama acara berlangsung," jelas Fadjar dalam keterangannya, Jumat (27/9/2024).

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari menambahkan, seluruh transaksi di area Pertamina Mandalika International Circuit wajib menggunakan MyPertamina. Aplikasi MyPertamina, kata dia, akan memudahkan UMKM dalam pencatatan penjualan dan pengelolaan stok secara otomatis.



Pertamina berharap kehadiran MyPertamina di ajang ini dapat meningkatkan daya saing UMKM lokal, sekaligus membantu memperkenalkan produk mereka di pasar global. Tak hanya itu, pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan promo potongan 5% untuk setiap transaksi selama acara berlangsung.

"Ini memberikan keuntungan lebih bagi pembeli dan UMKM yang berpartisipasi. Untuk kemudahan bertransaksi dan mendapatkan promo menarik itu, masyarakat tinggal mengunduh MyPertamina di Play Store atau App Store," ujar Heppy.

Upaya digitalisasi yang diinisiasi Pertamina itu juga disambut antusias UMKM yang terlibat. Pada sosialisasi penggunaan MyPertamina di Rumah BUMN Lombok Timur, Rabu (25/9) lalu, salah satu peserta, pemilik usaha Loyok Kreatif Agus Hartadi mengungkapkan apresiasinya. "Penggunaan teknologi digital ini sangat penting dan membantu, terutama dalam ajang internasional seperti ini," cetusnya.

Hal senada diutarakan Ni Ketut Wiryaningsih, pemilik UD Seribu Sukur. Dia mengaku manfaat digitalisasi tersebut dirasakan langsung oleh para pelaku usaha. "MyPertamina ini sangat membantu kami dalam pencatatan transaksi dan juga memudahkan usaha untuk berkembang," ujarnya.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)