Tren Pertumbuhan Keuangan Syariah, I-Hajj Syariah Fund Mencuri Perhatian

Jum'at, 27 September 2024 - 13:17 WIB
loading...
Tren Pertumbuhan Keuangan...
Pada ajang Best Sharia Awards 2024, Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) dari Insight Investments raih kemenangan di tiga kategori utama. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Produk unggulan PT Insight Investments Management ( Insight Investments ) yakni Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) meraih tiga penghargaan bergengsi dalam acara Best Sharia Awards 2024.

Acara tahunan ini memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam industri keuangan syariah di Indonesia, serta produk-produk syariah terbaik yang berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi syariah.



Pada ajang ini, Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) dari Insight Investments berhasil memenangkan penghargaan di tiga kategori utama yakni Reksa Dana Haji Syariah I Hajj – Kinerja 1 Tahun Pendapatan Tetap, Reksa Dana Haji Syariah I Hajj – Kinerja 3 Tahun Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Haji Syariah I Hajj – Kinerja 5 Tahun Pendapatan Tetap.

Chief Investment Officer Insight Investments, Camar Remoa dalam keterangan resminya, Rabu (25/9) mengungkapkan, bahwa penghargaan ini menjadi bukti komitmen Insight Investments dalam menyediakan produk investasi syariah yang inovatif dan terpercaya.

“Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund), sejak diluncurkan pada tahun 2005, telah meraih lebih dari 20 penghargaan bergengsi di tingkat nasional dan internasional. Dan sekali lagi, capaian dalam penghargaan Best Sharia Awards 2024 ini kembali menjadi bukti komitmen Insight Investments dalam menyediakan produk investasi syariah yang inovatif dan terpercaya, yang tidak hanya memberikan keuntungan bagi investor tetapi juga mendukung tren pengembangan ekonomi syariah di Indonesia,” tuturnya.

Acara penghargaan Best Sharia Awards 2024 diselenggarakan pada Rabu, 25 September 2024, di Ballroom The Sultan Hotel, Jakarta, yang akan dihadiri oleh para pelaku industri keuangan syariah terkemuka.



"Insight Investments mengucapkan terima kasih kepada Investortrust.id dan Infovesta Utama atas penghargaan Best Sharia Awards 2024. Kami juga berterima kasih kepada para investor yang telah setia mendukung Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) sehingga dapat terus menghadirkan solusi investasi syariah yang terbaik," ujar Camar.

Tren Pertumbuhan Keuangan Syariah


Menurut Camar, pencapaian Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) dalam penghargaan Best Sharia Awards 2024 tidak hanya menjadi pengakuan dari segi keunggulan kinerja, tetapi juga mencerminkan optimisme terhadap tren pertumbuhan signifikan dalam industri keuangan syariah di Indonesia.

Menurut data dari Infovesta, total Unit Penyertaan Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah di Indonesia mengalami peningkatan selama 5 tahun terakhir sebesar 34% dari 5,71 Miliar unit menjadi 7,65 Miliar unit. Menjadi menarik saat melihat bahwa dana kelolaan Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah di Indonesia mengalami kenaikan yang lebih drastis, yakni mencapai Rp10,8 triliun di Agustus 2024, tumbuh sebesar 51% dari tahun 2019.

Hal ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan dan ketertarikan investor terhadap pasar syariah, tapi juga instrumen di dalam portofolio mengalami apresiasi. Ini menunjukkan bahwa reksa dana menghasilkan imbal hasil yang relatif baik dan aset-aset dalam portofolio berkembang.

Sebagai salah satu pasar syariah terbesar di dunia, Indonesia terus mengalami perkembangan pesat dalam adopsi prinsip-prinsip syariah di berbagai produk keuangan. Meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya produk keuangan berbasis syariah berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor ini, menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci di panggung keuangan syariah global. Indonesia menempati posisi ke-7 untuk negara dengan industri keuangan syariah terbesar di dunia.

Camar menyampaikan, bahwa penghargaan yang diterima oleh Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) menggarisbawahi kontribusi produk ini terhadap tren pertumbuhan yang sedang berlangsung dalam industri keuangan syariah. “Pencapaian Reksa Dana Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) menjadi sebagai salah satu contoh nyata dari kesuksesan dan kepercayaan yang terus meningkat di pasar syariah Indonesia,” pungkas Camar.

Per 30 Agustus 2024, Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund memiliki kinerja historis 6,16% berbanding benchmark Infovesta Sharia Fixed Income Fund Index 4.02% dalam 1 tahun terakhir (sumber: infovesta), menunjukkan bahwa I-Hajj Syariah Fund memiliki performa historis yang baik dan relatif stabil dibanding benchmarknya.

Namun lebih dari itu, I-Hajj Syariah Fund juga memberikan kesempatan bagi investornya untuk berkontribusi dalam memberangkatkan umrah/haji orang-orang yang belum mampu, namun memiliki peran besar di lingkungannya. Hingga kini, Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund telah berhasil memberangkatkan 865 jemaah umrah/haji.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)