Dorong Digitalisasi UMKM, Menteri Teten Ingin Ubah Mindset Kewirausahaan

Kamis, 19 Desember 2019 - 00:17 WIB
Dorong Digitalisasi UMKM, Menteri Teten Ingin Ubah Mindset Kewirausahaan
Dorong Digitalisasi UMKM, Menteri Teten Ingin Ubah Mindset Kewirausahaan
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ingin mengubah mindset kewirausahaan UMKM dengan materi-materi pengembangan usaha lewat digital yang bisa diakses oleh jaringan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini bisa meliputi cara memulai usaha, akses pembiayaan, mencari market, menciptakan produk, hingga mendistribusikannya.

“Butuh materi-materi yang bisa mengubah mindset kewirausahaan UMKM. Ada keperluan untuk menjangkau 99 pelaku usaha. Kita butuh channel yang tepat untuk itu, dan saya pikir Ruangguru yang tepat,” kata Teten di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Dia mengatakan, bahwa digitalisasi bisa mempercepat UMKM meningkatkan skala usahanya. Karena itu, pihaknya siap mensupport Kemenkop dan UKM dalam menyiapkan kegiatan pelatihan online, maupun offline yang menyasar berbagai kebutuhan UMKM.

“Kita sudah ada platform yang namanya Skill Academy, dan juga Ruangguru yang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha atau individu untuk meningkatkan skill mereka di bidang apapun. Itu yang bisa diintegrasikan atau dimanfaatkan oleh siapapun termasuk juga pelaku UMKM,” paparnya.

Menurut Co-Founder and Chief of Product & Partnership of Ruangguru Iman Usman, dengan meningkatkan skill dapat mendorong UMKM naik kelas dari yang mikro menjadi kecil, dari yang kecil menjadi menengah, dari yang menengah menjadi besar.

“Kita bahas dalam bentuk pelatihan online dan offline yang bisa langsung diaplikasikan menyasar bidang-bidang yang dibutuhkan supaya bisa naik kelas tadi kata Pak Menteri. Misalnya bagaimana mereka bisa mengemas lebih baik, dan memasarkan,” jelas Iman.

Ruangguru selama ini sudah mengadakan kegiatan pelatihan online bekerja sama dengan berbagai kementerian/lembaga. “Misalnya Kementerian Perindustrian untuk industri kecil menengah, dengan Ristekdikti untuk membantu dosen mempublikasikan jurnal ilmiah, dan banyak lainnya,” lanjut Iman Usman.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk membantu pemerintah memajukan UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian negara. Sekaligus dalam membantu mewujudkan visi ekonomi Indonesia tahun 2020 untuk menjadi digital energy of Asia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3943 seconds (0.1#10.140)