Tiga Kunci Jadikan UMKM Sebagai Kekuatan Baru Ekonomi Nasional

Jum'at, 28 Agustus 2020 - 21:19 WIB
loading...
Tiga Kunci Jadikan UMKM Sebagai Kekuatan Baru Ekonomi Nasional
Bank Indonesia (BI) menerangkan ada tiga kunci yang bisa menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital . Pertama, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM.

(Baca Juga: Kabar Baik, UMKM Bakal Dapat Kredit Lunak dengan Bunga 0% )

Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal. Ketiga, sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM.

"Bank Indonesia (BI) senantiasa mendukung Pemerintah menjadikan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional," ujar Perry di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

(Baca Juga: Serapan Rendah, Teten Sebut Anggaran PEN untuk UMKM Akan Dialihkan ke Sektor Lain )

Lebih lanjut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama menyampaikan, pentingnya UMKM dalam menjadikan momentum pandemi COVID-19 sebagai kesempatan untuk mengakselerasi penggunaan tekonologi digital dalam bisnis. Khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform e-commerce Indonesia.

"Khususnya optimalisasi pemasaran digital melalui platform ecommerce Indonesia," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)