Anindya Bakrie: Kadin Indonesia Fokus pada Pemberdayaan Daerah dan Masuknya Investasi

Kamis, 24 Oktober 2024 - 20:16 WIB
loading...
Anindya Bakrie: Kadin...
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2024-2029, Anindya Bakrie akan fokus pada pemberdayaan daerah dan memastikan masuknya investasi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri ( Kadin ) Indonesia 2024-2029, Anindya Bakrie akan fokus pada pemberdayaan daerah dan memastikan masuknya investasi . Demikian disampaikan Anindya dalam acara “Dialog Ekonomi Kadin Bersama Pimpinan Dewan Kadin Indonesia” di Menara Kadin Indonesia lantai 29, Kuningan, Jakarta, Rabu (23/10).

“Untuk mendukung itu, di Kadin ada dua pemegang saham utama, yaitu Kadin Provinsi dan Anggota Luar Biasa (ALB) atau asosiasi dan himpunan. Dari Kadin Provinsi termasuk Kadin Kabupaten/Kota, merekalah yang menggerakkan ekonomi sampai ke (sekitar) 580-an Kabupaten/Kota. Dan selain itu, karena Kadin berdasarkan UU No. 1 tahun 1987 sebagai satu-satunya wadah dunia usaha, (maka) ALB di bawah Kadin (juga) bisa memberikan masukan-masukan dan kebijakan yang dianggap perlu dari duniausaha,” Anindya.



Selain Anindya, turut menjadi pembicara yaitu Ketua Dewan Usaha Kadin Indonesia 2024 – 2029 Chairul Tanjung, Ketua Dewan Penasihat Kadin Indonesia 2024 – 2029 Hashim S Djojohadikusumo, dan Ketua Dewan Kehormatan Kadin Indonesia 2024 – 2029 Rosan P. Roeslani.

Anindya menyatakan, Kadin Indonesia optimistis dapat mengarungi berbagai tantangan guna mencapai harapan dan peluang dalam mendukung target bertahap pertumbuhan ekonomi 8% pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Optimistis dengan tetap waspada. Pemerintahan Prabowo ini berkelanjutan dan inklusif sesuai pengarahan beliau (Prabowo) yang intinya (kita semua) maju bersama. Dan kami (Kadin) berharap mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ada audiensi dengan Bapak Presiden," terangnya.

"Karena kami kebetulan juga menyiapkan rencana ke luar negeri beliau yang cukup panjang, dengan fokus bagi kami (Kadin) adalah KTT APEC di Lima Peru dan juga Rio De Jainero di Brasil untuk G20 (keduanya November 2024). Kami akan melakukan fungsi kami untuk membuka pasar dan mengajak investasi untuk masuk,” kata Anindya.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Indonesia 2024 – 2029 sekaligus sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, Rosan P. Roeslani, menyatakan bahwa target pertumbuhan ekonomi Indonesia oleh Presiden Prabowo dalam 5 tahun ke depan adalah 8%. Dari pertumbuhan itu, 80 persen perannya ada di dunia usaha, yaitu di Kadin.

"(Maka) Kadin Pusat, Kadin Provinsi, Kadin Kabupaten/Kota akan memainkan peranan – peranan penting, karena “kue”-nya akan terus tumbuh. Pertumbuhan kita bisa menuju 7-8 persen itu hanya bisa lewat dua hal, yaitu investasi dan ekspor. Karena itu Kementerian Investasi strateginya adalah bagaimana menarik investasi
yang berkelanjutan dan berkesinambungan dengan membangun industri yang berbasis clean energy dan berorientasi ekspor,” katanya.

Ketua Dewan Usaha Kadin Indonesia 2024-2029, Chairul Tanjung, menyatakan bahwa kata kunci pertumbuhan ekonomi 8% adalah besarnya investasi yang bisa dilakukan oleh dunia usaha swasta, BUMN maupun pengusaha asing.

"Tentu, jika bicara investasi, yang dibutuhkan adalah pertama kepastian hukum yang implementasinya bisa terlaksana. Kedua adalah kestabilan, baik politik, keamanan dan lain-lain. Dan ketiga, semua investasi membutuhkan yang namanya cuan (atau) keuntungan. Ini hanya bisa dilakukan kalau sumber daya manusia kita itu bisa ditingkatkan kualitasnya agar lebih produktif sehingga punya daya saing yang lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu dalam paparannya, Hashim S. Djojohadikusumo menegaskan tentang kebijakan ekonomi Presiden Prabowo Subianto yaitu ekonomi Pancasila, yang prorakyat dan juga probisnis. Tujuannya adalah agar masyarakat hidup sejahtera dan masyarakat miskin dapat hidup lebih bermartabat.

“Dengan kesehatan yang terjangkau, dengan pendidikan yang terjangkau dan bagus, dengan pangan yang cukup. Intinya, program Pak Prabowo dan Mas Gibran adalah pengentasan kemiskinan. Saya yakin program makanan bergizi gratis akan dilaksanakan, dan program perumahan 3.000.000 unit per tahun atau 15 juta unit selama lima tahun akan menjadi salah satu penggerak ekonomi kita,” Hashim.

Turut hadir sebagai audiens di antaranya para anggota Dewan Kehormatan yaitu Aburizal Bakrie, Suryo Bambang Sulisto, dan Adi Putra Tahir, Wakil Ketua Dewan Usaha Fuad Hasan Masyhur, para Wakil Ketua Dewan Penasihat yaitu Sharif Cicip Sutardjo, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Wishnu Wardhana. Juga hadir pengusaha nasional Rahmat Gobel.



Sementara beberapa tokoh/pengusaha yang masuk dalam Dewan Pengurus Kadin Indonesia Masa Bakti 2024 – 2029 juga tampak hadir, di antaranya Otto Hasibuan, Saleh Husin, Kartika Wirjoatmodjo, Bambang Soesatyo, Nurdin Halid, James T. Riady, Mulyadi Jayabaya, Erwin Aksa, Shinta Widjaja Kamdani, Melchias Mekeng, Ilham Habibie, Pahala Mansury, Pandu Sjahrir, Raffi Ahmad, dan Aryo Djojohadikusumo.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0756 seconds (0.1#10.140)