Menteri ESDM Pastikan Kenaikan Harga Minyak Sudah Reda

Kamis, 09 Januari 2020 - 12:45 WIB
Menteri ESDM Pastikan Kenaikan Harga Minyak Sudah Reda
Menteri ESDM Pastikan Kenaikan Harga Minyak Sudah Reda
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menanggapi ketegangan hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran yang berdampak pada harga minyak dunia yang berfluktuatif tinggi.

Arifin memastikan kenaikan harga minyak sudah reda menyusul mengendurnya ketegangan AS dan Iran. "Hari ini sudah reda lagi. (Harga) minyak jenis Brent sudah turun lagi, mudah-mudahan enggak ada eskalasi," ujar Arifin di gedung ESDM Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Dia menjelaskan, harga minyak dunia sudah mereda di level USD60,12 per barel. Sedangkan, minyak mentah Brent yang menjadi acuan Indonesia juga sudah turun ke level USD65,91 per barel setelah sebelumnya sempat menanjak ke level USD70 per barel.

"Kita juga meminta agar masyarakat ikut menjaga ketersediaan energi dengan menghemat bahan bakar. Apalagi, Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi telah melebihi kuota pada 2019 lalu, agar tidak terulang kembali," jelasnya.

Di sisi lain, Arifin menambahkan, pihaknya juga menggandeng Polri dan Kementerian Dalam Negeri untuk mengawasi penyaluran BBM khususnya solar yang masih disubsidi dan premium yang menjadi penugasan kepada badan usaha.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4940 seconds (0.1#10.140)