Harga Bahan Pokok Dijamin Stabil Jelang Imlek

Senin, 20 Januari 2020 - 14:33 WIB
Harga Bahan Pokok Dijamin Stabil Jelang Imlek
Harga Bahan Pokok Dijamin Stabil Jelang Imlek
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga bahan pokok menjelang Imlek akan stabil, seiring komitmen pemerintah yang terus menjaganya. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Suharyanto memastikan, harga bahan pokok tidak akan menjulang naik.

"Secara umum perayaan Imlek tidak mempengaruhi gejolak harga Bahan Pokok," ujar Suharyanto saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Lebih lanjut terang dia, berdasarkan pantauan Kemendag bekerjasama dengan Dinas Provinsi dan Kabupaten /Kota yang membidangi perdagangan, harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok secara umum relatif stabil, termasuk untuk komoditi beras. Diterangkan harga beras cenderung mendatar seiring dengan terjaminya pasokan.

"Relatif stabilnya harga beras antara lain didukung oleh kecukupan pasokan di pasar, yang diindikasikan oleh tingkat pasokan beras di Pasar Induk Cipinang yang ada di kisaran normal. Rata-rata pasokan beras seminggu terakhir sebesar 2.969 ton/hari, masih dalam kisaran normal 2.500-3.000 ton/hari. Selain itu, kondisi stok beras di Pasar Induk Cipinang saat ini sebesar 44.626 ton, selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran selama 14-15 hari ke depan," jelasnya

Untuk itu Kemendag terus berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk memetakan stabilisiasi harga bahan pokok. "Potensi panen di daerah-daerah sentra dan memastikan kapan estimasi dapat memasok ke pasar sehingga supply ke pasar-pasar kembali normal," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8821 seconds (0.1#10.140)