Jokowi Mulai Wanti-wanti Gubernur se-Indonesia, Kuartal III Bisa Resesi

Selasa, 01 September 2020 - 11:29 WIB
loading...
Jokowi Mulai Wanti-wanti Gubernur se-Indonesia, Kuartal III Bisa Resesi
Presiden Jokowi mengingatkan ekonomi Indonesia bisa masuk resesi jika pertumbuhan di kuartal III kembali minus kepada seluruh gubernur di Indonesia secara virtual. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan kepada seluruh gubernur di Indonesia secara virtual. Dalam arahannya, Jokowi mengingatkan ekonomi Indonesia bisa masuk resesi jika pertumbuhan di kuartal III kembali minus.

Seperti diketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II, ekonomi Indonesia tumbuh minus 5,3%. “Kita masih punya kesempatan di bulan September ini. Kalau kita masih berada pada posisi minus, artinya kita masuk ke resesi,” katanya saat memberikan arahan, Selasa (1/9/2020).

(Baca Juga: Indonesia Tidak Akan Selamat, Waktu 1,5 Bulan Tidak Cukup Hindari Resesi )

Dia pun kembali memerintahkan agar belanja APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) segera dilakukan. Terutama yang berkaitan dengan barang jasa, modal, dan bansos. “Ini betul-betul disegerakan. Sehingga bisa meningkatkan konsumsi masyarakat dan memulihkan ekonomi di daerah,” ujarnya.

Jokowi menyebut dari data per 27 Agustus rata-rata belanja provinsi secara nasional ada di angka 445. Sementara untuk kabupaten/kota mencapai 48,8%.

Beberapa daerah yang belanjanya sudah cukup tinggi antara lain Sumatera Barat yang mencapai 52%. Lalu Provinsi DKI Jakarta untuk belanja barang jasa 78% dan belanja modal 92%.

(Baca Juga: Faisal Basri Sebut Komandan Ekonomi Jokowi Tak Paham Resesi, Nyindir Siapa? )

“Saya kira yang lain-lain tolong. Terutama yang berada di angka-angka massih 15%, 10%. Apalagi bansos masih 0% itu betul-betul dilihat benar angka-angka ini,” ungkapnya.

“Tolong betul-betul angka-angka ini diperhatikan sehingga realisasi untukpengadaan barang dan jasa, belanja modal, belanja bansos benar-benar segera terealisasi,” pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)