alexametrics

Sri Mulyani Minta BRI Tingkatkan Bisnis UMKM

loading...
Sri Mulyani Minta BRI Tingkatkan Bisnis UMKM
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, meminta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) terus mengembangkan bisnis di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bertujuan agar dapat meningkatkan inklusi keuangan dalam menopang pertumbuhan ekonomi.

"UMKM memiliki multiplier effect dan jangkauan luas untuk menggencarkan inklusi keuangan Artinya, seperti yang Pak Sunarso (Dirut BRI) katakan fokusnya ke UMKM. Secara tradisional BRI kuat di sektor UMKM dan penetrasi di level masyarakat bawah menjadi fokus pemerintah," kata Sri Mulyani dalam BRI Group Economic Forum 2020 di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Menkeu mengatakan, pemerintah terus mencari titik keseimbangan antara mendorong dan mendukung ekonomi dan kemajuan sosial, tetapi pada saat yang sama harus menjaga kesehatan dan sustainability APBN 2020.



"Fokus APBN 2020 masih sama seperti tahun sebelumnya, dimana 20% dialokasikan untuk pembangunan bidang pendidikan, kesehatan 5%, dan jaring pengaman sosial. Di sinilah kita membutuhkan tangan-tangan seperti BRI," ucapnya.

Sri Mulyani berharap BRI yang memiliki daya jangkau luas ke masyarakat ikut membantu pemerintah meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan di Indonesia. Ini mengingat masih ada bagian dari masyarakat Indonesia yang belum tersentuh oleh layanan keuangan modern.

"Dibutuhkan mindset dan model bisnis yang berbeda untuk fokus pada sektor UMKM. Pak Sunarso pernah bertugas di Pegadaian, saya tidak perlu mengajari. Sektor UMKM sudah ada di DNA-nya, kalau DNA CEO sudah punya, tinggal SDM mengikutinya," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso, mengatakan penyaluran kredit perseroan sepanjang 2019 mayoritas ke sektor UMKM dan ke depan BRI akan tetap fokus pada sektor itu.

"Sekarang sudah turun juga porsi korporasinya dan porsi UMKM kita (BRI) sudah 78%. Tahun depan, kami ingin lebih tinggi dari angka tersebut," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak