alexametrics

Cegah Virus Corona, Kemenkes Deteksi Setiap Turis Asing

loading...
Cegah Virus Corona, Kemenkes Deteksi Setiap Turis Asing
Alat thermal scanner yang ditempatkan di bandara untuk mencegah virus corona dari turis asing. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Kesehatan bertekad mencegah penyebaran virus corona asal Wuhan ke Indonesia, dengan melakukan deteksi dini terhadap setiap turis asing sejak di pintu masuk alias bandara.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, dokter Weindra Wawarontu, mengatakan penyebaran virus corona ini sudah menjalar di beberapa negara dan dibawa oleh turis asing, umumnya yang datang dari Wuhan.

"Virus ini sangat cepat penyebarannya dan sudah terjadi di beberapa negara. Virus ini mengendap di tubuh manusia dan menular ke manusia lainnya dengan cepat. Karena itu, kami melakukan deteksi dini terhadap turis asing," ujar Weindra di Jakarta, Selasa (4/2/2020).



Sebagai langkah pencegahan, Kemenkes akan mendeteksi setiap turis asing yang datang ke Indonesia, melalui deteksi suhu badan di Thermal Scanner yang ditempatkan di bandara. Jika suhu badan melebihi batas normal, otomatis akan dibawa ke ruangan isolasi untuk mengetahui lebih lanjut.

"Kita punya ruang isolasi bukan hanya untuk bakteri juga mendeteksi virus yang khusus. Dan virus corona ini sangat cepat menular dari manusia ke manusia kalau tidak ditangani dengan tepat dan cepat," jelasnya.

Dokter Weindra juga menyarankan agar masyarakat menjaga kesehatan dan menginformasikan bila ada keluarga atau kerabat yang sakit dan suhu badan di atas normal.

"Komunikasi soal penyakit sangat penting. Jadi jangan panik dan resah. Beri kenyamanan ke masyarakat. Tapi intinya menjaga bagaimana hidup sehat," pesannya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak