Ribuan Turis China Batal ke Bali, Apindo: Virus Corona Bikin Kelimpungan

Jum'at, 07 Februari 2020 - 16:19 WIB
Ribuan Turis China Batal ke Bali, Apindo: Virus Corona Bikin Kelimpungan
Ribuan Turis China Batal ke Bali, Apindo: Virus Corona Bikin Kelimpungan
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan, virus corona berdampak pada perekonomian Indonesia khususnya pada sektor pariwisata. Terlebih, wabah virus corona sudah menyebar dari China ke beberapa negara.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan, virus corona cukup membuat sektor pariwisata bergejolak, khususnya untuk destinasi yang menjadi primadona seperti Bali.

Dengan adanya penutupan penerbangan sementara tujuan ke dan dari China, banyak orang China yang membatalkan rencananya untuk berlibur ke Indonesia.

“Baru saja abis Imlek ada virus corona buat kita kelimpungan, apalagi kita sektor pariwisata di Bali 40.000 lebih (wisatawan) dari 2.000 pax batal,” ujar Haryadi yang juga menjabat ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Imbas virus corona, lanjut dia, juga berdampak pada kegiatan ekspor impor terutama untuk perdagangan hewan hidup. Sehingga, pihaknya harus selalu waspada dan memikirkan strategi baru selain tujuan China yang saat ini sedang bermasalah.

“Kita tidak terbayang penyebaran corona lebih dari SARS walaupun lebih mematikan SARS. Kita harus bangun kerjasama erat diantara kita,” jelasnya.

Dia pun menekankan agar dalam menganai virus ini perlunya kerjasama agar bisa mencegah dampak ekonomi yang lebih luas. "Kita harus bangun kerjasama erat diantara kita, kita belum pernah hadapi seperti ini, untungnya saat low season," jelasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1611 seconds (0.1#10.140)