alexametrics

Dirilis April, Kartu Prakerja Bakal Diedarkan di Jabodetabek

loading...
Dirilis April, Kartu Prakerja Bakal Diedarkan di Jabodetabek
Acara seminar publik Forum Kebijakan Ketenagakerjaan 2020 di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Kepala Staf Presiden Moeldoko memastikan kartu prakerja akan segera dirilis bulan April mendatang. Adapun peluncuran kartu yang merupakan salah satu program yang menjadi janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) di 2019 ini nantinya diawali di wlayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"Kita berusaha semaksimal mungkin agar target terpenuhi. Untuk itu kita awali Jabodetabek, lalu kita akan dapat feedback dan masif ke daerah lain," ujar Moeldoko di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Dia melanjutkan, untuk kartu prakerja ini tidak ada seleksi yang ketat. Hal ini untuk memudahkan untuk membenahi semua permasalahan terkait kepesertaan sebelum diterapkan secara masif di daerah lain.



"Sebenarnya tidak ada seleksi yang ketat atas kepesertaannya, tetapi justru seleksi ketat ke penyelenggaraan khusus. Buat peserta hanya pendalaman saja, apakah motivasinya untuk kerja, apakah kena PHK, bukan pertanyaan yang menyulitkan, itu hanya pertimbangan bahwa yang bersangkutan perlu pekerjaan," jelasnya.

Moeldoko melanjutkan, pembuatan kartu prakerja ini bakal dibahas dengan Kementerian Tenaga Kerja telah melakukan seleksi dan verifikasi terhadap Balai Latihan Kerja (BLK) . Adapun dana dari pemerintah untuk program tersebut akan digunakan untuk membayar mitra BLK dan kursus yang akan dilaksanakan oleh calon pekerja.

"Sekarang tinggal proses kesiapan. Begitu Perpres turun lalu bentuk PMO (project managemet office), bisa langsung bekerja," ungkapnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak