Tangkal Corona, Sri Mulyani Tambah Anggaran Rp1 Triliun

Jum'at, 13 Maret 2020 - 16:35 WIB
Tangkal Corona, Sri Mulyani Tambah Anggaran Rp1 Triliun
Tangkal Corona, Sri Mulyani Tambah Anggaran Rp1 Triliun
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan anggaran dalam rangka menangkal virus corona (Covid-19). Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1 triliun untuk menangani penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Kami perkirakan (anggaran) mendekati Rp1 triliun, pemerintah terus meningkatkan gugus tugas percepatan penanganan covid dan terus melakukan monitoring terhadap mereka yang di-suspect atau telah terkena dan orang-orang di sekitarnya," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Dia melanjutkan, alokasi dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan logistik, sarana dan prasarana, dukungan instansi kesehatan, tes laboratorium, dan sebagainya.

"Jadi ada total 132 rumah sakit rujukan. Pemerintah juga mendirikan pusat pengendalian selama 24 jam, dan penetapan laboratorium biomedis dan teknologi dasar kesehatan, dan lainnya,"jelasnya

Dia menambahkan, dana tersebut juga diberikan untuk perawatan 34 pasien positif virus corona yang berada di RS Sulianti Suroso dan RS Persahabatan, termasuk kebutuhan untuk melakukan penelusuran jejak orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien.

"Kami juga meningkatkan pengawasan oleh kantor kesehatan pelabuhan di 135 pintu masuk ke negara Indonesia," tambahnya.

Selain itu dana itu juga akan digunakan untuk berbagai kebutuhan mencakup, dstribusi alat kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, seperti masker, disinfektan, dan obat lainnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3624 seconds (0.1#10.140)