Takbir, KemenkopUKM Wakafkan Diri Demi Membantu UMKM

Senin, 07 September 2020 - 09:46 WIB
loading...
Takbir, KemenkopUKM Wakafkan Diri Demi Membantu UMKM
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong pariwisata di Bali kembali bangkit. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas dari masing-masing daerah, dengan memanfaatkan keindahan alam hingga wisata desa. Salah satunya di Kabupaten Karangasem, Bali.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, di tengah pandemi, Presiden Jokowi meminta agar para menteri lebih sering mengunjungi Bali untuk membangkitkan pariwisata yang terdampak besar pandemi. Pasalnya, perekonomian Bali sangat tergantung dari pariwisata. Namun demikian, harus dibarengi produk unggulan lain dan sentuhan kreativitas. ( Baca juga: Mahasiswa Swasta Gigit Jari, Bantuan Pulsa Pegoh Hanya untuk Mahasiswa PTN )

"Ke depan yang mengandalkan pariwisata, karena jika jatuh terlalu berat bangkit, harus diimbangi dengan keunggulan produk lain. Salah satunya, UMKM karena kreativitas dan talenta masyarakat Bali yang luar biasa," tutur MenkopUKM Teten di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Teten menjelaskan, Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen untuk terus membantu masyarakat dalam membangkitkan ekonomi masyarakat melalui kebijakan-kebijakan pro-UMKM.

"KemenkopUKM ingin mewakafkan diri membantu masyarakat untuk membangkitkan ekonomi. Kebijakan pemerintah pro-UMKM," bebernya.

Menurut Teten, potensi Kabupaten Karangasem, Bali, yang bisa dikembangkan adalah wisata desa, yang memiliki keindahan alam dan alami. Selain itu, banyak produk UMKM yang banyak dibutuhkan oleh hotel, restoran, kafe, dapat mendorong perekonomian desa berkembang.

"Potensi Karangasem dilihat dari sumber dayanya adalah wisata desa yang tidak ada di daerah lain. Ini bisa jadi ciri khas Karangasem, akan punya potensi besar untuk mendorong perekonomian di desa ini. Experience budaya bisa dijual," kata Teten. ( Baca juga: Husein Sastranegara Bakal Diubah Jadi Bandara Domestik, Syaikhu: Tunda Dulu )

Kata dia, jika ciri khas berbeda tersebut ditonjolkan, ditambah informasi yang cukup, serta referensi melimpah, maka akan mendatangkan wisatawan asing dan domestik.

"Harus punya ciri khas yang berbeda. Karangasem alamnya indah, desa yang belum banyak berubah. Itu sesuatu yang menarik. Jika ini dihadirkan info cukup, maka hasilnya akan dinikmati masyarakat," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)