Dana Desa Naik, Kemenkeu Perbanyak BLT di Tahun 2021

Rabu, 09 September 2020 - 13:50 WIB
loading...
Dana Desa Naik, Kemenkeu Perbanyak BLT di Tahun 2021
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp796,3 triliun dalam RAPBN 2021. Angka ini naik 4,2% dari tahun ini Rp763,9 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, kenaikan dana desa ini juga diarahkan untuk fokus pemulihan perekonomian desa. Dalam hal ini pemerintah akan fokus program padat karya tunai dan jaring pengaman sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"BLT di dalam rangka Covid-19 tahun ini, dimana dana desa langsung membantu masyarakat melalui BLT," kata Sri Mulyani saat rapat dengan DPD, Jakarta, Rabu (9/9/2020). (Baca juga: Sabar Ya! BLT Subsidi Gaji Baru Diterima 3.697.296 Pekerja )

Menurut dia, kebijakan dana desa tahun depan untuk meningkatkan porsi alokasi formula guna memperbaiki proporsi alokasi dana desa per desa sesuai dengan karakteristik desa. Kemudian juga penguatan alokasi kinerja untuk mendorong kinerja desa dalam meningkatkan transformasi perekonomian desa.

"Dan kita akan memberikan reward kepada desa yang berstatus mandiri berupa penyaluran dana desa dalam dua tahap saja. Untuk desa lainnya dilakukan tiga tahap," imbuhnya.

Dia menambahkan, pemerintah akan memberdayakan UKM dan sektor usaha pertanian, serta mendorong transformasi ekonomi desa melalui desa digital. Selanjutnya meneruskan beberapa program pengembangan potensi desa, produk unggulan desa, kawasan perdesaan dan peningkatan peran BUMDes. (Baca juga: Catat, Cuma UKM Milik WNI yang Dapat Fasilitas Pembiayaan Ekspor )

"Kriteria kinerja yang sifatnya dinamis dan strategis agar daerah lebih bekerja lebih kompetitif secara positif dan mempertajam indikator agar selaras dengan prioritas nasional," katanya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)