BLT Pekerja Rp600 Ribu Jilid III Cair Jumat Besok, Jangan Lupa Cek Rekening

Kamis, 10 September 2020 - 23:08 WIB
loading...
BLT Pekerja Rp600 Ribu Jilid III Cair Jumat Besok, Jangan Lupa Cek Rekening
Berdasarkan hitung-hitungan Menaker Ida Fauziah, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pekerja tahap III akan cair, Jumat besok (11/9). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Berdasarkan hitung-hitungan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pekerja tahap III akan cair, Jumat besok (11/9). Hal ini setelah pada Selasa (8/9) lalu, BPJS Ketenagakerjaan resmi menyerahkan 3,5 juta data rekening penerima bantuan subsidi upah (BSU) kepada Kementerian Ketenagakerjaan untuk segera diproses pencairannya.

(Baca Juga: 3,5 Juta Rekening Penerima BLT Karyawan Tahap III Diterima Kemenaker, Lekas Kirim )

Dengan diterimanya data penerima BSU tahap III, maka jumlah total penerima BSU hingga saat ini adalah sebanyak 9 juta rekening. Dikutip dari pernyataan Menaker Ida Fauziyah beberapa waktu lalu, proses BSU ini akan memakan waktu maksimal 4 hari untuk checklist terlebih dahulu dari tanggal diterima, baru setelahnya diserahkan dan diproses oleh KPPN dan ditransfer oleh bank penyalur.

Merespon pertanyaan terkait pencairan BLT besok, anggota biro Humas Kemnaker Rintoko Al Muhtaj memberitahukan bahwa belum ada kepastian lebih lanjut. "Berdasarkan petunjuk teknis (juknis), waktu pencairan memang maksimal 4 hari dari tanggal diterimanya data rekening. Bisa lebih cepat dari itu," tuturnya di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Apabila data yang masuk (Senin), maksimal check list empat hari. Kalau dihitung empat hari, berarti maksimal Jumat. Setelah data selesai di check list, menurut Menaker Ida menerangkan data akan langsung diserahkan ke KPPN untuk ditransfer ke pekerja melalui bank himbara.

(Baca Juga: 9 Juta Rekening Penerima BLT Pekerja Sudah Disetor, Sisanya Akhir September )

Seperti yang diketahui, pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 3,69 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta per 7 September 2020. Penyaluran itu meliputi tahap pertama dan kedua.

Ia merincikan penyaluran tahap pertama sebanyak 2,31 juta penerima, atau 92,42 persen dari total data tahap I yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 2,5 juta. Kemudian, tahap kedua sebanyak 1,38 juta, atau 46,20 persen dari total data 3 juta.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)