Pelindo III: Arus Kapal dan Peti Kemas Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 04 Mei 2020 - 15:49 WIB
loading...
Pelindo III: Arus Kapal dan Peti Kemas Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19
Pelindo III mencatat terjadi peningkatan arus kapal dan peti kemas di tengah pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, arus logistik melalui pelabuhan/terminal di bawah pengelolaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III mengalami kecenderungan meningkat, sesuai kinerja pelabuhan. Pertumbuhan tersebut disinyalir terjadi karena beberapa karena program relaksasi yang digulirkan pemerintah telah direspons para pelaku usaha logistik.

Sebagai operator pelabuhan yang mengoperasikan 43 terminal/pelabuhan, arus peti kemas Pelindo III secara keseluruhan hingga bulan April 2020 mengalami kenaikan sebesar 1% sebesar 1,6 juta Twenty foot Equivalent Units (TEUs) jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, hingga bulan April 2020 Pelindo III mencatat kenaikan kinerja khususnya pada arus kapal dan peti kemas. Ia menjabarkan lebih lanjut pada arus kapal terjadi peningkatan sebanyak 3% yaitu 94,7 juta GT.

"Terjaganya kinerja positif jasa kepelabuhanan ini berkat komitmen Pelindo III bersama para pengusaha dalam upaya menjaga logistik. Di sisi lain, Pelindo III juga terus menjaga layanan operasional dengan tetap beroperasi selama 24 jam dalam 7 hari sebagai komitmen menjaga kelancaran logistik Indonesia sehingga pelayanan aktivitas kepelabuhanan tetap terlayani dengan baik," jelas Doso di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Ketua DPC Indonesia National Shipowner’ Association (INSA) Jawa Timur Stenven H Lesawengen mengapresiasi relaksasi dan stimulus yang diberikan pemerintah melalui Pelindo III. Relaksasi tersebut, membantu para pelaku logistik di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan berbagai inovasi dan terobosan yang diberikan ini dapat menyemangati kami untuk menjaga iklim usaha logistik baik ekspor/ impor maupun domestik," ungkapnya.

Sementara itu, dalam upaya memerangi penyebaran Covid-19 di kawasan pelabuhan, Pelindo III bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah menerapkan Standard Operating Procedure (SOP) sesuai protokol kesehatan khusus bagi kapal yang akan masuk ke kawasan pelabuhan dengan pengecekan kesehatan seluruh ABK secara langsung di atas kapal (on board) sebelum masuk ke alur menuju pelabuhan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)