Ekonomi Syariah Alternatif Penggerak Ekonomi Pascapandemi

Kamis, 17 September 2020 - 04:04 WIB
loading...
A A A
"Masa pandemi tentu menjadi cobaan. Baik bagi pemilik usaha maupun karyawan. Banyak kegiatan usaha mengalami penurunan, ekonomi terkontraksi, penghasilan turun, potensi PHK, bahkan ancaman kesehatan dan keselamatan jiwa," ujar Adiwarman. (Baca juga: Kinerja Ekspor Menurun, Ekonom Ingatkan Waspadai Gelombang PHK )

Menurut dia, di masa pandemi seharusnya masyarakat menjadi lebih bijak dalam memahami dan merencanakan kehidupan. Termasuk bijak dalam mengelola keuangan. Mencari informasi yang lebih banyak tentang dimana sebaiknya menyimpan dana yang dimiliki.

"Kita harus paham betul, apa yang sebaiknya dilakukan atas rezeki yang dititipkan kepada kita. Rezeki itu bukan hanya milik kita, tetapi ada hak orang lain di dalamnya. Jadi, kita memiliki kewajiban untuk mengelolanya dengan baik, demi kepentingan diri sendiri dan juga orang lain," ujarnya.

Adiwarman juga mengingatkan, saat ini tersedia beragam alternatif instrumen untuk menyimpan uang. Ada tabungan, deposito, dan emas, bahkan juga ada untuk tujuan investasi seperti saham, obligasi, dan reksa dana.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4815 seconds (0.1#10.140)