Bos BI Lebih Hati-hati, Suku Bunga Acuan Diprediksi Masih Akan Ditahan

loading...
Bos BI Lebih Hati-hati, Suku Bunga Acuan Diprediksi Masih Akan Ditahan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/Dok BI
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan menahan suku bunga acuan di level 4% dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI bulan September 2020 yang hasilnya akan diumumkan hari ini.

Peneliti Indef Nailul Huda mengatakan, dengan karakter Gubernur BI sekarang yang lebih berhati-hati dalam mengambil kebijakan, sepertinya BI akan menahan BI rate. (Baca: PSBB DKI Bisa Buat Suku Bunga Acuan Bakal Tertahan)

"BI akan mempertimbangkan menjaga nilai tukar rupiah agar stabil mengingat resesi semakin nyata," kata Huda saat dihubungi, Rabu (16/9/2020).

Apabila suku bunga acuan diturunkan juga tidak akan mampu mengangkat daya beli masyarakat yang memang sedang melemah. Menurut dia, BI juga akan merubah semua proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2020. (Baca juga: Resesi Sebentar Lagi Nih! Yuk, Bikin Tameng Agar Uang Keluarga Kita Selamat)



"Saya kira akan berubah semua proyeksi pertumbuhan ekonomi karena ada beberapa peristiwa atau kebijakan yang diambil belakangan ini seperti adanya PSBB lagi di DKI Jakarta," tandasnya.
(ind)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top