Ini 5 Grand Plan Transportasi Udara, Bali Bakal Jadi Super Hub

Selasa, 22 September 2020 - 09:55 WIB
loading...
A A A
Dia mengungkapkan, saat ini ada 10 daerah yang tengah dipelajari untuk dibangun bandara perairan. Kesepuluh daerah tersebut yaitu Danau Toba-Sumatera Utara, Pulau Senua-Kepulauan Riau, Pulau Gili Iyang-Jawa Timur, Derawan Berau-Kalimantan Timur.

Kemudian, Gili Trawangan di Lombok Utara (NTB), Labuan Bajo Manggarai Barat-Nusa Tenggara Timur (NTT), Bunaken Manado-Sulawesi Utara, Wakatobi-Sulawesi Tenggara, Pulau Widi Halmahera Selatan-Maluku Utara dan Raja Ampat-Papua Barat.

Sementara itu, terkait dengan grand plan transportasi udara untuk pariwisata, Kemenhub tengah mendorong agar Bandar Udara Ngurah Rai dan Bandara di Bali Utara menjadi bandara super hub prioritas penggerak pemulihan ekonomi.

Novie menyebut, rencana besar bandara di Bali ini harus dapat menghubungkan super hub di benua lainnya di Timur Tengah, Dubai, Eropa, Frankfurt, Honolulu hingga seluruh Asia Timur, China, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

“Kami melihat ke depan trennya semakin membaik. Mudah-mudahan Covid selesai sehingga posisi Bali menjadi trigger pengembangan. Satu hingga dua tahun ke depan satu rasi Bali ini kami tetap membuat rencana dan mengeksekusi. Bali menjadi mumpuni super hub kebutuhan logistik dan pariwisata,” kata dia.

Dalam grand plan pariwisata Lima Bali Baru atau lima destinasi super prioritas, pihaknya juga mengembangkan bandara yang dapat mendukung wilayahnya dari sisi penerbangan dan kapasitas pendukungnya. Semua wilayah pengembangan lima Bali Baru seperti Manado, Labuan Bajo, hingga Mandalika akan terlayani oleh transportasi udara.

"Kita mempunyai 5 Bali Baru, disamping itu juga kita akan mengembangkan bandara bandara lain untuk mendukung pariwisata yang kita ketahui ini sangat strategis. Seperti Danau Toba, misalkan kita juga mempunyai infrastruktur yang mencukupi untuk penerbangan kita, termasuk penerbangan yang sifatnya untuk pariwisata," tuturnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)