Ternyata, Kita Punya Peringatan Hari Ini Sejak 2015

Rabu, 23 September 2020 - 06:45 WIB
loading...
Ternyata, Kita Punya Peringatan Hari Ini Sejak 2015
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejak tahun 2015, setiap tanggal 23 September diperingati sebagai hari Menara Suar Indonesia. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R. Agus Purnomo mengatakan, peringatan Hari Menara Suar sebagai bentuk penghormatan kepada para penjaga menara suar sebagai ujung terdepan lautan Indonesia .

“Mereka ini paling depan berada di ujung pulau yang jaraknya jauh sekali dari daratan. Ini penghormatan kita kepada mereka yang menjaga cahaya menara tetap terang dengan sumbangsih begitu besar terhadap negara,” ungkap Dirjen Agus bertatap muka dengan para penjaga menara suar di belahan Nusantara lewat virtual di Jakarta, Selasa (23/9/2020). ( Baca juga:Pasokan Listrik Kosong, Erick Thohir Buka Tender Bagi Smelter Milik Antam )

Di sisi lain, Menara Suar merupakan komponen penting dalam mendukung dan menunjang keselamatan pelayaran sebagai eksistensi wilayah kedaulatan negara. Atas dasar itu, pihaknya berharap melalui peringatan Hari Menara Suar 2020 para penjaga menara suar bisa tetap konsisten dalam menjaga dan meningkatkan keandalan agar tetap berfungsi sebagaimana diamanatkan undang-undang.

Dalam tatap muka secara virtual tersebut, Dirjen Agus berdiskusi dengan salah satu penjaga menara suar di Aceh yang harus menyeberangi lautan menuju salah satu kepulauan dengan lama waktu tempuh tiga jam. ( Baca juga:Video Apokaliptik, Burung-burung Jatuh dari Langit di Kota Nuklir Rusia )

“Di sana mereka hanya berlima untuk yang di Aceh, sedangkan pulang setiap dua bulan sekali. Kalau makan, mereka menanam sayuran dan memancing. Kami sedang akan mengirim fasilitas pendingin di sana namun harus dicek dulu ketersediaan listriknya,” pungkas Dirjen Agus. Ichsan Amin
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)