Selamat, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Beroperasi dan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Kamis, 24 September 2020 - 16:53 WIB
loading...
A A A
Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru –Dumai menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Riau. Tingginya ekspektasi sangat dirasakan oleh para pedagang, petani sawit hingga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Keberadaan tol tak hanya sekadar memangkas waktu tempuh, namun bagi mereka ini menyangkut distribusi bahan baku. Hadirnya jalan tol yang dikelola oleh Hutama Karya menjadi asa baru untuk menjadi pendorong terciptanya sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru, menekan biaya logistik, sehingga membuat laju dan pertumbuhan perekonomian Pulau Andalas kian dahsyat.

Tol Pekanbaru –Dumai diharapkan dapat meningkatkan akses Pekanbaru sebagai pusat pemerintahan dan kegiatan ekonomi Provinsi Riau di satu sisi. Di sisi lain Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis.

Pembangunan jalan tol tidak hanya sebatas menggerakan sektor riil yang bermuara pada peningkatan ekonomi daerah yang berujung pada kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, pembangunan jalan yang dibangun oleh anak negeri ini juga akan menguatkan rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

Kehadiran jalan tol Pekanbaru – Dumai juga akan berpengaruh terhadap destinasi wisata terlebih yang berada di salah satu pulau terluar Indonesia, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Mendapat Apresiasi Presiden RI

Sebelumnya Presiden RI, Jokowi sempat mengatakan bahwa pemerintah maupun masyarakat punya harapan besar dengan akan dioperasionalkannya tol Permai terutama dari sisi mobilisasi. "Diharapkan dengan dioperasionalkannya tol ini semuanya akan menjadi lebih cepat. Angkutan barang cepat, angkutan orang juga bisa menjadi lebih cepat. Makanya operasional tol juga kita harapkan lebih cepat," kata Jokowi.

Sehari sebelumnya pada Kamis (20/2), Menteri PUPR, Basuki melakukan tinjauan terlebih dahulu ke tol ruas Pekanbaru -Dumai. Menyusuri jalan tol mulai dari gerbang tol Pekanbaru yang berada di seksi 1 hingga seksi 6 di Dumai, Menteri Basuki menyampaikan apresiasi kerja keras dan kerja cerdas Hutama Karya Grup yang telah berkolaborasi menghadirkan karya terbaik Hutama Karya di Sumatera.

“Satu lagi produk HK di Sumatera. Setelah tol terpanjang, sekarang tol dengankualitas lebih baik. Selamat bekerja.” pesan Basuki kepada segenap pejuang konstruksi Hutama Karya di lapangan.

Apresiasi juga disampaikan Gubernur Provinsi Riau Syamsuar bahwa keberadaan tol Pekanbaru – Dumai tak hanya memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah namun juga memberikan kemudahan akses transportasi dalam melakukan koordinasi antar provinsi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0905 seconds (0.1#10.140)